Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 6 Agustus 2017 | 13:54 WIB
  • Gowes di Rangkasbitung, Menpora Ajak Masyarakat Bersepeda

  • Oleh
    • Luzman Rifqi Karami
Gowes di Rangkasbitung, Menpora Ajak Masyarakat Bersepeda
Photo :
  • Istimewa
Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi di Gowes Touring Pesona Nusantara

VIVA.co.id – Gowes Touring Pesona Nusantara memasuki Etape 6 Rangkasbitung-Tangerang Selatan-Pondok Indah-Jakarta berjarak 240 Km. Etape ini dinilai sangat berbeda lantaran selain dihadiri oleh Menpora Imam Nahrawi. Menteri asal Bangkalan Madura itu ikutan bergowes dengan atribut lengkap pembalap sepeda bersama tim Touring Gowes Pesona Nusantara, tim gowes Kemenpora dan ribuan masyarakat setempat.

Selain Menpora Imam Nahrawi, tampak juga ikut bergowes Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya sepanjang 10 Km berkeliling Kota Rangkasbitung. Rombongan gowes yang dipimpin Menpora Imam Nahrawi itu kemudian singgah di pemandian air panas Cipanas yang merupakan salah satu destinasi wisata di Cipanas, Kabupaten Lebak dengan menempuh  jarak 40 Km dari start.

Menpora disambut ratusan anak sekolah dalam perjalanannya. Mereka mengerubungi Menteri termuda dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo itu untuk bersalaman maupun melakukan foto selfie.

Dalam sambutannya, Imam mencanangkan agar dalam satu bulan ada satu hari yang secara khusus mewajibkan bagi semua elemen masyarakat baik di tingkat eksekutif, legislatif, pelajar, guru dan masyarakat lainnya untuk memanfaatkan sepeda sebagai alat transportasi ke mana saja dan selaras dengan keinginan Presiden Jokowi agar memasyarakatkan olahraga bersepeda dalam kehidupan sehari-hari.

"Sepeda sebagai alat transportasi yang murah, hemat, tidak berpolusi dan menyehatkan, saya berharap satu hari bersepeda nasional dimulai di Kabupaten Lebak ini," kata Imam dalam rilis yang diterima VIVA.co.id.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Lebak,  Iti Octavia Jayabaya menyerahkan secara simbolis tanah dan air yang diambil dari tanah Suku Baduy yang akan digabungkan dengan tanah dan air dari daerah-daerah lain yang disinggahi Tim GTPN 2017 selama touring dari Kota Sabang sampai terakhir di Kota Magelang, Jawa Tengah.

"Bersepeda sebagai salah satu bentuk upaya kita dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Lebak yang sehat dengan bersepeda maka kita sudah melakukan upaya pencegahan karena untuk hidup sehat lebih baik kita mencegahnya daripada mengobati," tutur Iti.

Rombongan Menpora dan Tim GTPN 2017 dan Pemkab. Lebak singgah di Pemandian Air Panas Tirta Lebak Buana untuk menikmati wisata air panas sekaligus rehat dan makan siang. Selanjutnya Tim Gowes menyusuri rute Rangkasbitung - Tangsel sejauh 100 Km lagi melewati daerah Jasinga Kabupaten Bogor, Parung Panjang,  Legok dan terakhir di Bumi Serpong Damai, Tangsel.