Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 6 Agustus 2017 | 15:29 WIB
  • Rossi dan Marquez Komentari Fairing 'Aneh' Motor Lorenzo

  • Oleh
    • Muhammad Indra Nugraha
Rossi dan Marquez Komentari Fairing 'Aneh' Motor Lorenzo
Photo :
Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo di MotoGP Ceko.

VIVA.co.id - Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo, memperlihatkan perubahan siginifikan pada motornya jelang balapan MotoGP Rep.Ceko. Di mana, adanya fairing pada motor yang ditungganginya.

Lorenzo menggunakan fairing baru sejak latihan bebas satu di Sirkuit Brno pada hari Jumat  4 Agustus 2017. Akan tetapi, Andrea Dovizioso yang adalah rekan setimnya tidak gunakan fairing pada motornya.

Fairing sendiri berfungsi seperti winglet yang dipakai pada musim lalu. Namun, karena penggunaan winglet dilarang maka hadir fairing yang bentuknya cukup aneh dan besar.

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, tidak tahu apakah fairing Ducati melanggar aturan apa tidak. Namun, eks pembalap Ducati ini tak melihat itu sebagai hal yang membahayakan.

"Saya pikir pada akhir tahun lalu, dari apa yang saya pahami, alasan utama melarang winglet adalah mereka tahu bahwa sayapnya sedikit berbahaya dan mereka mencoba dengan peraturan untuk menghindari jenis fairing tersebut," kata Rossi, seperti dilansir Crash.

"Saya tidak tahu apakah itu benar atau tidak, tapi saya pikir pada akhirnya peraturan tidak berjalan. Karena sekarang kita berada pada situasi yang sangat mirip dengan fairing baru Ducati. Tapi bagi saya, secara pribadi, saya pikir itu tidak terlalu berbahaya," lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Menurutnya, winglet Ducati di musim lebih berbahaya dan bila fairing ini tidak melanggar aturan maka tak jadi masalah.

 "Saya merasa lebih berbahaya pada tahun lalu, dengan winglets yang besar. Tentu saja fairing baru Ducati sedikit aneh jika dalam situasi crash, bukan untuk pebalap lain, tapi untuk pebalap yang bersangkutan. Tangan bisa masuk atau terjadi sesuatu, saya tak tahu," ujar Marquez. (ren)