Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 14 Agustus 2017 | 19:24 WIB
  • Adu Cepat Pereli Nasional Mulai dari Ogan Ilir

  • Oleh
    • Suryanta Bakti Susila,
    • Aji YK Putra (Palembang)
Adu Cepat Pereli Nasional Mulai dari Ogan Ilir
Photo :
  • imi.co.id
Logo Ikatan Motor Indonesia

VIVA.co.id – Sumatera Selatan akan menyelenggarakan kejuaraan reli tingkat nasional di Kabupaten Ogan Ilir, pada 18-20 Agustus 2017. Pada kejuaraan tersebut, diikuti pereli dari peringkat 1 hingga 10. Ogan Ilir menjadi pelaksana reli nasional yang pertama. Setelah Sumsel, selanjutnya dilakukan di Medan dan Makassar.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI), Sadikin Aksa, mengatakan, Ogan Ilir menjadi tuan rumah pertama penyelenggaraan reli lantaran lintasan yang ada di sana sangat dirindukan para pereli, karena memiliki karakteristik yang beragam, seperti lintasan berlumpur, pasir, dan tanah hitam. 

"Saya pernah mencoba di sini (Ogan Ilir) untuk reli, benar-benar sangat menantang. Karena bisa menikung dalam kecepatan 200 km/per jam. Sehingga diputuskan penyelenggaraan reli tingkat nasional diadakan di sini," kata Sadikin di Palembang, Senin 14 Agustus 2017. 

Sadikin menjelaskan, sejak 2008, kejuaraan nasional reli baru kembali diselenggarakan tahun ini. Hasil dari reli nanti, diharapkan bisa kembali memacu semangat pereli di Indonesia. "Kompetisi ini juga menjadi peluang besar bagi pereli muda yang ingin merasakan lintasan dengan sensasi berbeda," ujarnya.

Selain membangkitkan pereli Indonesia, kompetisi tersebut akan menjadikan Ogan Ilir, sebagai tuan rumah kejuaraan reli tingkat Asia Pasifik hingga dunia. 

"Kabupaten Ogan Ilir juga berpeluang untuk menjadi salah satu lintasan pada kejuaraan reli Asia Pasifik, karena cukup dekat dengan Jakarta. Hasil kompetisi akan dijadikan gambaran mengenai kondisi lintasan mempersiapkan kejuaraan Asia Pasifik," katanya.  

Menurut Ketua Umum Panitia Kejuaraan Nasional Rally, Anto Bambang Utoyo, kejuaraan reli akan digelar dalam dua kelas yakni kelas Sprint Rally dan Speed Rally. Untuk sprint rally akan menempuh lintasan sejauh 13,5 km. Untuk speed rally, mencapai 140,68 km terbagi dalam 10 special stage (SS). 

"Sudah 34 pereli yang mendaftar untuk ikut serta dalam kompetisi ini. Bahkan, saat ini sudah datang beberapa mobil untuk menjajal lintasan. Lima hari sebelum kompetisi para pereli akan melakukan survei lintasan," kata Bambang.