Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 29 Agustus 2017 | 15:10 WIB
  • Kalahkan Indonesia, Thailand Resmi Gelar Balap MotoGP 2018

  • Oleh
    • Muhammad Indra Nugraha
Kalahkan Indonesia, Thailand Resmi Gelar Balap MotoGP 2018
Photo :
  • Crash.net
Balapan MotoGP Belanda

VIVA.co.id - Thailand akhirnya resmi menjadi salah satu tuan rumah untuk balapan MotoGP pada 2018 mendatang. Negeri Gajah Putih tersebut akan menggelar balap motor kasta pertama ini dalam tiga musim.

Dilansir situs resmi MotoGP, Thailand akan masuk kalender balap dari 2018 hingga 2020. Penandatanganan kontrak ini akan dilakukan Kamis 31 Agustus 2017 mendatang di Bangkok.

Kepala Eksekutif Pemegang Hak Komersial Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, akan berjumpa dengan Sakon Wannapong selaku pimpinan institusi olahraga Thailand. Keduanya akan melakukan penandatanganan secara resmi.

Balapan sendiri akan dilakukan di Sirkuit Buriram di wilayah timur laut Thailand. Buriram akan menjadi lintasan baru sejak lintasan di Sirkuit Termas de Rio Hondo di Argentina pada 2014

Thailand adalah salah satu negara yang berebut satu tempat di kalender balap 2018. Sementara itu, kalender MotoGP 2018 diyakini akan memiliki 20 seri balapan.

Sebelumnya, Thailand bersaing dengan Indonesia, Kazakhstan dan Finlandia. Awalnya, balapan Indonesia rencananya akan digelar di Sirkuit International Sentul.

Thailand menjadi negara ketiga asal Asia Tengggara yang pernah menjadi tuan rumah MotoGP, setelah Malaysia dan Indonesia. Kala itu Indonesia menjadi tuan rumah balapan MotoGP yaitu pada musim 1996 dan 1997.

Mick Doohan meraih gelar juara di musim 1996. Sedangkan Max Biaggi dan Valentino Rossi juga pernah meraih posisi tertinggi podium sirkuit Sentul satu musim berikutnya. (mus)