Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 3 September 2017 | 05:36 WIB
  • Hamilton Tak Percaya Patahkan Rekor Schumacher

  • Oleh
    • Muhammad Indra Nugraha
Hamilton Tak Percaya Patahkan Rekor Schumacher
Photo :
  • REUTERS/Chris Wattie
Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton

VIVA.co.id - Lewis Hamilton menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi Formula 1 (F1) GP Italia, Sabtu 2 September 2017. Pembalap Mercedes itu berhasil memegang rekor pole position terbanyak di F1.

Sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Autodromo Nazionale Monza, sempat terhenti cukup lama karena hujan deras. Bahkan, sirkuit tergenang air cukup banyak.

Ketika trek dirasa aman, para pembalap akhirnya kembali melanjutkan sesi kualifikasi. Hamilton menjadi yang tercepat dengan waktu terbaiknya 1 menit 35,554 detik.

Ini menjadi pole position ke-69 yang diraih oleh pembalap asal Inggris tersebut sepanjang karier balap F1. Capaiannya ini juga membuat Hamilton melewati rekor milik Michael Schumacher dengan 88 pole position.

"Pertama, Italia, aku cinta kalian, meski kita ada di kandang Ferrari, saya mengapresiasi semua dukungannya," kata Hamilton dilansir BBC Sports.

"Luar biasa bisa mematahkan rekor ini di sirkuit bersejarah dan di negara yang begitu indah. Saya akan merayakannya dengan makan pasta! Enam puluh sembilan kali start terdepan. Saya tak percaya," sambungnya.

Dengan start terdepan pada sesi balapan besok, Hamilton berpeluang merebut puncak klasemen F1. Saat ini, dia berada di posisi kedua dengan 213 poin atau kalah tujuh angka dari Sebastian Vettel di posisi satu.