Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 10 September 2017 | 13:18 WIB
  • Sirkuit IMI Medan Masih Kurang Memadai

  • Oleh
    • Muhammad Indra Nugraha,
    • Radhitya Andriansyah
Sirkuit IMI Medan Masih Kurang Memadai
Photo :
  • VIVA.co.id/Radhitya Andriansyah
Ajang Honda Dream Cup 2017

VIVA.co.id - Sejak berdiri pada 2012, Sirkuit IMI, Medan, Sumatera Utara, memang masih banyak memiliki banyak kekurangan. Padahal, sirkuit ini senantiasa jadi venue beberapa ajang, salah satunya Honda Dream Cup (HDC).

Di ajang HDC 2017, Sirkuit IMI Medan kembali jadi panggung adu cepat pembalap muda. Namun, lewat pantauan VIVA.co.id, tampak banyak tampak kekurangan. Bukan cuma soal aspal yang berpengaruh pada tingkat keamanan balapan pembalap, namun juga ada beberapa fasilitas yang belum ada.

Meski demikian, pihak Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Utara, menegaskan bahwa sirkuit ini masih layak. Soal kekurangan, Kabid Olahraga Roda Dua IMI Sumut, Syabra Buana, menceritakan soal pernah adanya konflik dengan pihak swasta.

Syabri mengisahkan, IMI Sumut sempat kecewa dengan pihak swasta, yang sebelumnya jadi rekan kerja sama pembangunan sirkuit. Akibatnya, pemeliharaan sirkuit sempat terbengkalai.

Oleh sebab itu, pihak IMI Sumut disebut sudah berkoordinasi terkait renovasi stadion. Nantinya, Sirkuit IMI akan mengalami perubahan layout dan penambahan infrastruktur lainnya.

"Sebenarnya sirkuit ini sudah bagus, tapi kami sebelumnya ada konflik dengan pihak swasta. Di mana, beberapa bagian sirkuit ini diambil oleh mereka. Sirkuit ini sebenarnya adalah sirkuit pengganti dari sirkuit sebelumnya. Hanya saja, pembangunannya memang sedikit dipaksakan," ujar Syabra kepada VIVA.co.id, Minggu 10 September 2017.

"Ya, sekarang kami hanya bisa memaksimalkan sirkuit ini dengan kondisi yang ada. Kami juga coba untuk memaksimalkan secure level sirkuit ini. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak pemerintah kota Medan, untuk renovasi sirkuit ini. Mudah-mudahan ada beberapa layout, pengaspalan, dan infrastruktur yang bisa diperbaiki," katanya.

Soal kekurangan, Syabra mengakui jika aspal lintasan masih kurang baik. Selain itu, sirkuit ini tidak memiliki paddock. Jadi, pembangunan paddock juga diharap segera terealisasi musim depan.

"Renovasi layout kami sudah ada rencananya. Selain itu, kami belum punya paddock. Ya, semoga tahun depan pengaspalan dan pembangunan paddock sudah bisa selesai," ujar Syabra.