Tes di Italia, Pembalap Indonesia Catat Rekor Waktu Terbaik

Pembalap Yamaha Indonesia, Galang Hendra
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Rangkaian test, atau pengujian dijalani Galang Hendra Pratama. Hal itu dilakukan pembalap Yamaha Indonesia ini sebelum mengikuti kejuaraan dunia Supersport 300 (WSSP300) yang menjadi bagian dalam putaran superbike (WSBK 2017) di Portimao-Portugal, 15-17 September 2017.
 
Di WSSP300 Portugal, Galang Hendra siap bergabung di tim Motoxracing. Tes pertama dilakukan di Sirkuit Autodrome Vallelunga, Roma, Italia, 4 September 2017.

12 Pembalap Muda Ini Siap Harumkan Nama Bangsa

Dalam hal ini, dilakukan sesi latihan di lintasan sepanjang 4,085 kilometer. Pembalap 18 tahun asal Yogyakarta ini sanggup mencatat waktu satu menit 53,56 detik dan ini hanya terpaut 0,2 detik saja dari catatan waktu tercepat balap CIV 2016 (satu menit 53,31 detik).  

“Saya senang berada di sirkuit Vallelunga ini, saya mampu beradaptasi dengan motor YZF-R3. Kami melakukan berbagai perubahan untuk mendapatkan data. Seluruh tim sangat membantu saya untuk memperoleh hasil terbaik," kata Galang Hendra dalam rilis yang diterima VIVA.co.id.

Daftar Pembalap MotoGP Musim 2020

Adaptasi cepat yang dilakukan Galang Hendra terbukti mendapat pujian dari Direktur Teknik Tim Motoxracing, Vanni Lorenzini. “Kami senang dengan hasil tes ini. Dia cepat dan bagus untuk pertama kalinya di Sirkuit Vallelunga. Setiap kali ada perubahan dia bisa merasakannya dan kami mengerti,” ujar Vanni.  

Makin spesial, ketika Galang memecahkan rekor catatan waktu terbaik, saat melakukan tes kedua di trek Sagittario International, Latina, Italia, 6 September 2017. Galang sukses membukukan torehan waktu 59,37 detik. Itu berlangsung pada sesi keenam. Sebelumnya, di angka 59,70 detik dan 59,73 detik. Ada pun waktu terbaik sebelumnya, yaitu 59,85 detik diukir pembalap Yamaha, Alfonso Coppola.

10 Pembalap Motor Terbaik di Dunia, Nomor 1 Bukan Marquez

Langkah pengujian kedua ini berupaya memaksimalkan posisi berkendara yang diinginkan Galang Hendra. Total melahap menu 47 lap. “Banyak variasi menu yang kami terapkan dan ubah, di antaranya riding position terbaik saat slow corner, high speed corner maupun dalam momen hard braking. Termasuk, setting suspensi, " ujar Sandro, pemilik Tim Motoxracing yang turut mendampingi Galang Hendra. 

“Bagi saya, yang utama adalah merasa nyaman dahulu di motor. Pada akhirnya, saya mendapatkannya dan sangat menyenangkan. Saya bisa jadi lebih cepat dengan motor YZF-R3 ini, " ungkap Galang yang memecahkan rekor hingga lebih cepat 0,48 detik dari ukiran pembalap sebelumnya.

Pembalap Moto2, Tetsuta Nagashima

70 Kali Ikutan Moto2, Akhirnya Pria Ini Naik Podium

Ia sudah 70 kali balapan dengan motor Moto2.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2020