Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 2 Oktober 2017 | 10:16 WIB
  • Kembali ke Lintasan Balap, Rio Haryanto Jajal Formula E

  • Oleh
    • Muhammad Indra Nugraha
Kembali ke Lintasan Balap, Rio Haryanto Jajal Formula E
Photo :
  • Manor Racing Media
Pembalap muda Indonesia, Rio Haryanto.

VIVA.co.id - Mantan pembalap Formula 1 (F1) asal Indonesia, Rio Haryanto, akan kembali mengaspal di lintasan balap. Rio akan ambil bagian pada tes pramusim Formula E di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol.

Pembalap berusia 24 tahun itu akan menjajal mobil balap bertenaga listrik itu selama tiga hari, Senin, 2 Oktober 2017, hingga Rabu, 4 Oktober 2017. Ini merupakam resmi jelang musim keempat Formula E.

Walau begitu, belum diketahui Rio akan melakukan tes untuk tim mana. Eks pembalap Manor Racing ini mengaku tak sabar untuk kembali mengaspal di lintasan balap, dan menilai Formule E cukup menarik baginya.

“Saya sangat menantikan tes Formula E pertama saya setelah menonton beberapa balapannya yang sangat menarik di televisi. Formula E selalu menyuguhkan kompetisi yang ketat, dan dengan banyaknya pabrikan yang bergabung, tampaknya kejuaraan ini akan terus tumbuh di seluruh dunia," kata Rio dilansir Autosport.

Formula E sendiri diikuti oleh 10 tim, dan kans Rio untuk tampil di ajang yang sudah dimulai sejak 2014 ini terbuka lebar. Tim Nextev Nio disebut tengah mencari pembalap kedua untuk musim ini.

Selain itu, Rio juga bisa mendapat keuntungan dari regulasi Fanboost, di mana pembalap bisa mendapat tenaga mobil tambahan lewat voting fans. Rio memang basis penggemar besar di Indonesia, dan bukan tak mungkin bisa mendapatkan Fanboost di setiap balapan.

Rio sendiri adalah satu-satunya pembalap Indonesia yang pernah membalap di ajang F1. Sayangnya, kiprahnya tak begitu cemerlang dan belum lagi keuangan menjadi masalah utamanya hingga membuatnya hanya bermain di 12 balapan F1 pada musim 2016. (ase)