Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 8 Oktober 2017 | 02:57 WIB
  • Sean Gelael Jalani Persaingan Ketat di Sirkuit Jerez

  • Oleh
    • Luzman Rifqi Karami,
    • Donny Adhiyasa
Sean Gelael Jalani Persaingan Ketat di Sirkuit Jerez
Photo :
  • Istimewa
Pembalap tim Pertamina Arden, Sean Gelael

VIVA.co.id – Pembalap Indonesia yang tergabung di tim Pertamina Arden, Sean Gelael, menutup balapan pertama atau feature race seri ke-10 di Sirkuit Jerez, Spanyol, dengan finis di urutan ke-16. Rekan satu timnya, Norman Nato (Prancis), juga belum berhasil meraih poin setelah menyelesaikan balapan dengan finis di posisi ke-11.

Sean melakukan start dari posisi ke-19, sementara Nato dari posisi ke-10. Nato melakukan pit stop pada awal balapan. Dia masuk pit pada lap keenam dan berganti ban medium. Dia kehilangan beberapa posisi saat kembali ke lintasan. Sementara itu, Sean menyusul berganti ban medium pada lap kedelapan. Sean naik ke posisi ke-16 sebelum balapan memasuki lap ke-10. Nato mulai memperbaiki posisi dan akhirnya bisa mengamankan tempat di urutan ke-12.

Berdasarkan rilis yang diterima VIVA.co.id, pimpinan balapan, Charles Leclerc dari tim Prema Racing, melakukan pit stop pada lap ke-11. Dia kembali ke lintasan dan satu per satu lawan dilewati. Leclerc sudah berada di di urutan kedua pada lap ke-18 dari 39 putaran yang dijadwalkan. Hingga pertengahan balapan, Nicholas Latifi (Dams) memimpin balapan, di depan Leclerc. Sementara itu, Nato naik ke posisi ke-11.

Pada akhir lap ke-10, Leclerc berhasil melewati Latifi dan mengambil alih pimpinan balapan. Nato kembali memperbaiki posisi dan berada di urutan ke-10, sementara Sean di posisi ke-15. Pada lap ke-23, Nato sudah berada di posisi ke-8. Sean juga berhasil memperbaiki posisi dan berada di urutan ke-14, lalu ke-12 setelah dua pebalap di depannya melakukan pit stop.

Kedua pembalap Pertamina Arden ini terus memperbaiki posisi. Pada lap ke-25, Nato berada di posisi ke-6, sementara Sean ke-11. Namun, Sean lalu kehilangan beberapa posisi dan berada di posisi ke-13. Dia sempat bersaing ketat dengan beberapa pembalap, termasuk dengan Santino Ferrucci dari tim Trident.

Nato bertahan di urutan ke-6. Tepat di belakangnya, tiga pembalap bersaing memperebutkan tempat ketujuh yaitu Latifi, Nobuharu Matsushita (ART Grand Prix), dan Nick de Vries (Racing Engineering). Nato turun ke posisi ke-7 pada lap ke-32 setelah terlewati Latifi.

Insiden terjadi di tikungan 1 lap ke-32 antara Matsushita dan Ferrucci. Keduanya bersenggolan dan Ferrucci keluar lintasan. Pembalap Amerika Serikat tersebut tidak bisa melanjutkan balapan. Safety Car masuk ke lintasan dengan tujuh lap tersisa. Leclerc memimpin balapan, diikuti Oliver Rowland (Dams) dan Luca Ghiotto (Russian Time).

Jelang akhir lap ke-35, Safety Car meninggalkan lintasan. Terjadi sedikit kekacauan saat semua pembalap kemabli memacu mobil mereka. Nato sempat naik ke posisi keenam, tetapi turun lagi dan bertahan di posisi ke-8. Pada lap terakhir, Nato kembali kehilangan posisi dan akhirnya finis di urutan ke-11. Sementara itu, Sean tertahan di urutan ke-16.

Leclerc bertahan di depan hingga balapan berakhir. Rowland menyusul finis di urutan kedua, sementara rekan satu tim Leclerc, Antonio Fuoco, berada di urutan ketiga. Para pembalap masih akan bersaing meraih poin di Sirkuit Jerez. Mereka akan turun pada balapan kedua atau sprint race yang digelar Minggu 8 Oktober 2017 mulai pukul 19.00 WIB.