12 Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Australia

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi (depan)
Sumber :
  • Twitter.com/MotoGP

VIVA.co.id - Balapan MotoGP akan kembali tersaji pada akhir pekan ini, Minggu 22 Oktober 2017.  Adu balap motor kasta pertama ini sudah memasuki seri ke-16 dan akan berlangsung di Australia.

Marc Marquez Masih Ragu dengan Kepindahan ke Gresini Racing

Balapan nantinya akan dihelat di Sirkuit Phillip Island, dan para pembalap MotoGP akan melakoni 27 laps. Seri ini akan menjadi duel panas dua kandidat juara dunia MotoGP, yakni Marc Marquez (Repsol Honda) dan Andrea Dovizioso (Ducati).

Marquez saat ini berada di puncak klasemen dengan 244 poin, atau unggul 11 angka atas Dovizioso di posisi 2. Dengan balapan yang menyisakan 3 seri lagi, peluang Dovizioso untuk menyalip Marquez masih terbuka lebar.

Sprint Race MotoGP Australia 2023 Dibatalkan, Pembalap Merasa Bersalah

Akan tetapi keduanya harus mewaspadai Maverick Vinales yang berada di posisi 3. Pembalap Movistar Yamaha itu tertinggal 41 poin dari Marquez.

Belum lagi, Vinales di musim lalu berhasil merebut podium ketiga bersama Suzuki. Sebelum menyaksikan sengitnya balapan, kita simak beberapa fakta menarik dari GP Jepang yang dirangkum dari situs MotoGP.

Sprint Race MotoGP Australia 2023 Batal Digelar

Berikut Fakta Menarik MotoGP Jepang:

1. Australia telah menjadi tuan rumah kejuaraan dunia balap motor grand prix sejak 1989. Balapan pada akhir pekan ini akan menandai edisi ke-29 GP Australia.

2. Dua edisi awal GP Australia digelar di Phillip Island sebelum pindah ke Sirkuit Eastern Creek selama enam musim beruntun. GP Australia kembali dihelat di Phillip Island pada 1997  hingga saat ini.

3. Honda merupakan pabrikan tersukses di Phillip Island pada era MotoGP dengan tujuh kemenangan, termasuk dalam dua tahun terakhir.

4. Ducati telah mengoleksi empat kemenangan di Phillip Island. Semuanya dipersembahkan Casey Stoner pada 2007-2010. Setelah kemenangan Stoner pada edisi 2010, Ducati sempat puasa podium di Phillip Island selama empat tahun.

5. Andrea Iannone akhirnya memutus puasa podium Ducati di Phillip Island pada 2015 dengan finis ketiga.

6. Yamaha sudah empat kali menang di Phillip Island pada era MotoGP. Valentino Rossi mempersembahkan tiga kemenangan, sedangkan sisanya dari Jorge Lorenzo.

7. Rossi yang memberikan kemenangan terakhir Yamaha di Phillip Island pada 2014.

8. Suzuki baru dua kali meraih podium pada balapan kelas primer (500cc/MotoGP) di Phillip Island. Pertama ketika Chris Vermeulen finis kedua pada 2006 dan tahun lalu saat Maverick Vinales finis ketiga.

9. Yamaha menyapu bersih podium pada balapan MotoGP Australia 2014. Yamaha belum pernah menyapu bersih podium lagi sejak saat itu.

10. Valentino Rossi merupakan pembalap yang paling sering juara di Phillip Island dengan 8 kemenangan (2x 250cc, 1x 500cc, dan 5x MotoGP). Casey Stoner berada di peringkat kedua dengan koleksi enam kemenangan (semua di kelas MotoGP).

11. Casey Stoner meraih enam kemenangan beruntun di Phillip Island pada 2007-2012. Lima kemenangan terakhirnya diraih saat start dari pole position.

12. Ada empat pembalap aktif musim ini yang pernah start dari pole position pada balapan MotoGP Australia di Phillip Island. Mereka ialah Valentino Rossi pada 2003, Dani Pedrosa (2007), Jorge Lorenzo (2013), dan Marc Marquez pada tiga tahun terakhir. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya