Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 26 Oktober 2017 | 16:36 WIB
  • 11 Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Malaysia

  • Oleh
    • Muhammad Indra Nugraha
11 Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Malaysia
Photo :
  • Twitter/@marcmarcquez93
Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez.

VIVA.co.id - Gelaran balap MotoGP akan berlangsung kembali pada akhir pekan ini, Minggu 29 Oktober 2017. Adu balap motor kasta pertama yang sudah memasuki seri ke-17 ini akan berlangsung di Malaysia.

Sesi balapan akan berlangsung di Sirkuit Sepang, dan para pembalap akan melakoni 20 putaran atau setara dengan 110,9 kilometer. GP Malaysia juga berpeluang menentukan siapa yang bakal juara dunia musim ini.

Marc Marquez akan mengunci gelar juara dunia bila berhasil finis kedua, atau lebih baik. Sebab, pembalap Repsol Honda tersebut tengah memuncaki klasemen sementara dengan raihan 269 poin.

Pembalap asal Spanyol itu unggul 33 poin dari Andrea Dovizioso yang berada di posisi kedua. Sebelum menyaksikan sengitnya balapan, simak beberapa fakta menarik dari GP Malaysia yang dirangkum dari situs MotoGP.

Berikut Fakta Menarik MotoGP Malaysia:

1. Grand prix pertama di Malaysia dihelat pada 1991 dan sejak itu rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Selain Sepang, GP Malaysia juga pernah digelar di Shah Alam dan Johor.

2. Grand prix pertama yang dihelat di Sirkuit Shah Alam pada 1991 menghadirkan debut kemenangan kelas primer untuk John Kocinski di atas motor Yamaha. Para pembalap Italia mendominasi kelas-kelas di bawahnya, Luca Cadalora (Honda) memenangi balapan 250cc dan Loris Capirossi (Honda) di kelas 125cc.

3. Sirkuit Shah Alam menyelenggarakan ajang tersebut selama tujuh tahun sebelum GP Malaysia pindah ke Johor selama satu tahun pada 1998. GP Malaysia pertama yang dilangsungkan di Sepang adalah pada 1999.

4. Tahun ini menjadi kali ke-19 Sepang menggelar balapan MotoGP.

5. Honda sudah punya lima kemenangan di Sirkuit Sepang pada era MotoGP, termasuk empat secara berturut-turut dari 2012 hingga 2015. Kemenangan didapat dari Dani Pedrosa (3 kali) dan Marc Marquez (1 kali).

6. Kemenangan Marquez diraih pada 2014. Selanjutnya, di musim lalu hanya mampu finis ke-11, setelah pada 2015 gagal menyelesaikan balapan.

7. Kegagalan finis Marquez pada 2015 karena bersenggolan dengan Valentino Rossi. Keduanya di musim tersebut, terlibat persaingan sengit.

8. Yamaha juga punya lima kemenangan MotoGP di Sepang, dengan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) menjadi yang terakhir melakukannya pada 2010.

9. Ducati sudah meraih empat kemenangan MotoGP di Sepang, termasuk tahun lalu lewat Andrea Dovizioso. Kemenangan Dovizioso tahun lalu juga merupakan podium pertama buat Ducati semenjak Casey Stoner memenangi balapan pada 2009.

10. Selama tiga musim terakhir, rider yang meraih pole di MotoGP Malaysia juga rutin sekaligus memenangi balapannya.

11. Pembalap tersukses di Sirkuit Sepang adalah Valentino Rossi dengan enam kemenangan grand prix (1 x 500cc, 5 x MotoGP). Berikutnya ada Dani Pedrosa dengan lima kemenangan (1 x 125cc, 1 x 250cc, 3 x MotoGP).