Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 8 November 2017 | 14:50 WIB
  • Tour de Singkarak 2017 Tempuh 9 Etape

  • Oleh
    • Suryanta Bakti Susila,
    • Andri Mardiansyah (Padang)
Tour de Singkarak 2017 Tempuh 9 Etape
Photo :
Tour de Singkarak 2016

VIVA – Sebanyak 20 tim yang berasal dari 13 negara tetangga bakal bertarung dalam menyelesaikan seluruh tantangan di sembilan etape dengan total panjang lintasan 1250 kilometer pada event Sport Tourism bertaraf Internasional, Tour de Singkarak 2017, 18-29 November 2017 nanti.

Dari sekian banyak klub yang ikut serta pada perhelatan TdS 2017 yang akan memperebutkan total hadiah senilai Rp2,3 miliar tersebut, Padang Road Bike (PRB) Bank Nagari merupakan satu-satunya klub sepeda perwakilan tuan rumah (Sumatera Barat) yang bakal bertarung dengan ratusan pembalap lainnya.

Di ajang Sport Tourism Tour de Singkarak ke-9 ini, PRB Bank Nagari menurunkan enam atlet andalan, yang terdiri dari tiga atlet berasal dari luar Sumatera Barat dan tiga atlet yang merupakan putra daerah atas nama Idris Purnama Kasih, Faujiansyah dan Putra Mulyadi.

Penanggung jawab klub Padang Road Bike Bank Nagari, Iqbal Rama Dipayana menyebutkan, klub binaannya tersebut siap bertarung dengan para peserta TDS 2017. Walau tidak memasang target juara, namun Iqbal memastikan anak asuhnya tersebut mampu bersaing di level Nasional. Karena sejak penyelenggaraan TdS hingga saat ini, banyak pebalap Indonesia yang ikut serta.

"Kita siap memberikan yang terbaik bagi Sumatera Barat. Atlet kita siap bertarung di ajang TdS 2017 ini. Kita belum bicarakan target juara, namun prestasi di level Nasional dulu," kata Iqbal, Rabu 8 November 2017.

Iqbal menjelaskan, sebelum berganti nama menjadi Padang Road Bike Bank Nagari, PRB Bank Nagari dulunya bernama Binong Baru Club (BBC) Pessel, yang kemudian berganti nama menjadi PRB Pessel Bank Nagari, hingga kini menjadi PRB Bank Nagari.

"Klub ini berdiri pada tahun 2010. Sejak berdiri hingga saat ini, kita hanya satu kali absen mengikuti perhelatan Tour de Singkarak yakni pada tahun 2016," ujarnya.

Tak hanya di ajang Tour de Singkarak, Iqbal menegaskan, klub binaannya tersebut juga rutin mengikuti berbagai event balap sepeda seperti Tour de Ijen, dan Tour de Siak. Bahkan setahun bisa tiga kali mengikuti event serupa.

Selain terus berupaya mencapai prestasi, Padang Road Bike Bank Nagari saat ini juga tengah gencar mencari bibit baru untuk kemudian bisa dijadikan atlet yang mampu mengharumkan nama Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya, baik di level Nasional maupun Internasional.

Untuk itulah, Iqbal berharap, generasi muda saat ini tertarik untuk menekuni bidang olah raga sepeda. Di samping dapat menyehatkan, balap sepeda juga dapat mengukir prestasi yang dapat menjadi kebanggaan keluarga, Bangsa dan Negara.

"Kita siap membina atlet muda agar mampu bersaing dan mengukir prestasi," tegasnya.