Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 10 November 2017 | 09:37 WIB
  • Marquez Akan Main Aman di MotoGP Valencia

  • Oleh
    • Muhammad Indra Nugraha
Marquez Akan Main Aman di MotoGP Valencia
Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

VIVA - Marc Marquez berpeluang besar meraih gelar juara dunia MotoGP 2017 di GP Valencia, akhir pekan ini. Pembalap Repsol Honda ini pun mengisyaratkan untuk bermain aman di Sirkuit Ricardo Tormo.

Marquez saat ini berada dalam posisi terdepan dalam meraih gelar juara dunia. Juara bertahan asal Spanyol ini unggul 21 poin dari rival terberatnya, Andrea Dovizoso, yang berada di posisi kedua.

Artinya, Marquez hanya butuh finis di posisi ke-11 atau lebih baik untuk merebut gelar juara dunia keempatnya. Sedangkan Dovizioso bisa meraih gelar juara dunia, bila menang dan Marquez terlempar dari 11 besar atau gagal finis.

Marquez sendiri mengaku tidak masalah bila gagal finis pada seri pamungkas ini. Terpenting, dia bisa mengakhiri balapan sebagai juara dunia MotoGP tahun ini.

"Itu jelas, saya bisa kalah di kompetisi ini dan dia bisa menjadi pemenangnya. Yang memimpin 21 poin adalah dia yang harus menjaga keunggulannya dan yang satunya lagi adalah dia yang harus mengalahkan lawannya," kata Marquez.

"Dovi harus mengambil risiko dan cuma punya satu strategi yaitu memenangkan balapan dan menanti (hasil pembalap lain). Saya beruntung cuma bergantung pada diri sendiri, yang mana cuma harus menyelesaikan balapan," sambungnya.

Andai gagal menang, maka Marquez akan mengakhiri musim dengan enam kemenangan. Dan dia tidak terlalu masalah bila Dovizioso bisa menang di Valencia, dan unggul satu kemenangan darinya di musim ini.

"Saya sudah belajar selama bertahun-tahun kalau lebih penting memenangkan kejuaraan daripada balapan. Jika saya mengakhiri musim dengan enam kemenangan dan Dovi tujuh, itu tidak ada bedanya bagi saya. Sebulan dari sekarang, tidak ada orang yang mengingatnya. Tapi gelar kejuaraan akan selamanya diingat," ujarnya dilansir Eurosport. (ase)