Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 3 November 2017 | 11:07 WIB
  • 20 Pemain Asing 'Invasi' IBL 2017/2018

  • Oleh
    • Suryanta Bakti Susila,
    • Radhitya Andriansyah
20 Pemain Asing 'Invasi' IBL 2017/2018
Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi pertandingan IBL 2017

VIVA – Gelaran Indonesian Basketball League 2017/2018 memang baru dimulai Desember 2017 mendatang. Namun, sejumlah klub sudah menyiapkan diri menghadapi musim baru, dengan mendatangkan pemain asing.

Seperti IBL 2016/2017, kompetisi bola basket kasta tertinggi di Indonesia ini akan kembali diramaikan dengan para pemain asing. Di IBL musim ini ada 20 pemain asing yang akan membela 11 klub IBL.

Dari 20 nama pemain asing, ada tiga yang sudah beraksi di ajang IBL sejak musim lalu. David Seagers yang musim lalu membela W88 Aspac, musim ini akan memperkuat Pacific Caesar Surabaya.

Sementara itu, Nathaniel Barfield yang musim lalu membela NSH Jakarta, musim ini akan jadi andalan Aspac. Satu nama lain yang juga tetap bertahan di IBL adalah Dominique Williams. Williams akan tetap berseragam Aspac musim ini.

Kedatangan pemain asing ini disambut baik oleh Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi). Ketua Umum PB Perbasi, Danny Kosasih, berharap para pemain asing yang ada saat ini bisa lebih baik dari tahun lalu.

Danny juga mengungkap, Perbasi menganjurkan kepada operator IBL agar pemain asing yang didatangkan tingkat kualitasnya tak di papan atas. Hal ini dimaksudkan agar menjaga persaingan pemain asing dengan lokal.

"Kami berharap, pemain asing yang bermain di IBL musim ini bisa lebih baik dari tahun lalu. Begitu juga dengan klub yang sudah melakukan persiapan agar berhasil dengan baik. Saya bilang sama Pak Hasan (Ghazali) biar datangkan pemain asing yang level-nya tidak tinggi. Jadi, pemain kita bisa ikut bersaing dengan mereka," ujar Danny kepada wartawan.

Sementara itu, Direktur IBL, Hasan Ghazali, membenarkan jika kehadiran pemain asing memberikan dampak positif bagi para pemain lokal. Para pemain asing ini juga dianggap meningkatkan persaingan IBL.

Selain itu, Hasan juga mengungkap dari 20 pebasket asing masih ada 1 yang belum datang. Hal ini dikarenakan ada beberapa masalah teknis yang harus diselesaikan klub terlebih dulu.

"Melihat dari season 2016/2017 yang berdampak positif. Untuk itu, kami berharap mereka bisa bermain baik, memberikan dan menularkan efek baik. Dengan adanya pemain ini kami berharap IBL akan lebih kompetitif," kata Hasan kepada wartawan.

"Masih ada yang belum datang. Tapi sudah teregister. Ada beberapa masalah yang harus diselesaikan dulu. Ini klub yang mengurusi, kami hanya menyediakan drafting. Selebihnya bagaimana klub," ujarnya.

Daftar Pemain Asing IBL 2017/2018:

1. Jontaveous Murkey Sulton (Satya Wacana Salatiga)
2. Madarious Jaquill Gibbs (Satya Wacana Salatiga)
3. Emilio Dacre Parks (Bima Perkasa Jogja)
4. Anthony Jacquatte McDonald (Bima Perkasa Jogja)
5. Nashon Kamali Christopher George (Hangtuah Sumsel)
6. Keenan Thomas Palmore (Hangtuah Sumsel)
7. Brachon Lanalt Griffin (NSH Jakarta)
8. Donnavan Anthony Hastings (Siliwangi Bandung)
9. Darnell Brown II (Siliwangi Bandung)
10 Roderick Deon Flemings (Bank BJB Garuda Bandung)
11. Devon Lavon Matthews (Bank BJB Garuda Bandung)
12. David Vincent Seagers (Pacific Caesar Surabaya)
13. Kavon Tyreak Lytch (Pacific Caesar Surabaya)
14. Dominique Nelson Williams (W88.News Aspac)
15. Nathaniel Earl Barfield (W88.News Aspac)
16. Chester Jarell Giles (Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta)
17. Wayne Lyndon Bradford (Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta)
18. Kevin Kardell Bridgewaters (Satria Muda Pertamina)
19. Dior Alexandros Lowhorn (Satria Muda Pertamina)
(one)