Andry Menangi Kualifikasi Equestrian untuk SEA Games Myanmar

Andry Prasetyono dan APM Lisa
Sumber :
  • VIVAnews/Irvan Beka
VIVAnews
Olimpiade 2016 Mulai Diusik Gangster?
- Kualifikasi SEA Games 2013 seri pertama digelar di markas Kavaleri Berkuda, Parongpong, Jawa Barat. Di nomor show jumping, Andry Prasetyono tampil sebagai juara.

Ketika Messi Harus Bersaing dengan Seekor Kuda Pacu

Kualifikasi untuk show jumping digelar dalam dua hari. Di hari pertama, Senin, 11 Maret 2013, para peserta menunggang kuda masing-masing. Namun di hari kedua yang digelar Selasa, 12 Maret 2013, peserta memakai kuda hasil undian (
Respon Positif Juri FEI Terhadap WDC Indonesia
borrowed horse ).

Andry dalam dua hari tak melakukan kesalahan (0). Di hari pertama menunggang kuda 3k Cassone mereka berhasil
clear round
(tanpa angka kesalahan). Begitu juga di hari kedua, Andry yang kebagian menunggang APM Lisa juga mencatatkan
clear round.


"Karena memakai kuda yang tidak biasa saya tunggangi, saya memang agak berhati-hati. Tapi rasanya pada kualifikasi berikutnya saya dan juga atlet lain sudah bisa tampil lebih lepas. Bagaimana pun hasil hari ini adalah awal yang bagus," ujar Andry.


Tampil sebagai juara kedua adalah Jendry Palandeng. Di hari pertama bersama APM Lisa, Jendry mencatatkan 1 angka kesalahan dan di hari kedua berhasil
clear round
sehingga total mengumpulkan 1 angka kesalahan.


Posisi ketiga ditempat Ferry Wahyu Hadianto. Ferry, adik kandung Andry,
clear round
di hari pertama bersama kudanya Equinara Giselle. Namun sayang pada hari kedua menunggang Rocket ia mendapat 4 angka kesalahan.


Tinggi rintangan nomor show jumping di kualifikasi ini adalah 100cm. Di SEA Games Myanmar memang tinggi rintangan yang dipertandingkan 100cm, berbeda dengan SEA Games 2011 yang mencapai 130-140cm. Peserta di Myanmar nanti juga akan menggunakan kuda yang sudah disediakan panitia. Oleh sebab itu Equestrian Federation of Indonesia (EFI) memutuskan untuk menyelenggarakan kualifikasi dengan sistem
borrowed horse.


Selain menggelar kualifikasi
show jumping
, EFI juga menyelenggarakan kualifikasi nomor
endurance
. Tampil sebagai pemenang Sersan Dua Jamhur Hatta yang menunggang Ambe. Otto Satyawan berada di posisi kedua dengan kuda Oxytropis. Sedangkan juara ketiga direbut Pratu Iwan Saputra yang menunggang Mutiara.


Selasa siang, Menpora Roy Suryo hadir menyaksikan kualifikasi. Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan pandangannya soal adanya dualisme di cabang equestrian. Selain EFI yang menjadi federasi nasional (NF) yang diakui Federation Equestre Internationale (FEI), muncul Eqina yang merupakan organisasi equestrian di bawah naungan Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi).


"Saya akan mencoba mengamati dulu. Ini mirip dengan dualisme di sepakbola. Kalau ada organisasi kloning tapi tak sesuai aturan, saya siap menegakkan UU soal Sistem Keolahragaan Nasional. Saya akan melakukan mediasi," kata Roy.


Selain kualifikasi SEA Games, juga digelar di tempat yang sama pertandingan non-kualifikasi. Total 150 atlet dan 141 kuda ikut serta. Juri internasional asal Korea Selatan Eun Jeung Lee dan Raja Mahmud Raja Hussain bertugas di nomor kualifikasi. EFI akan menggelar 7 kualifikasi lagi hingga November 2013.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya