Cerita Dibalik Gigitan Fenomenal Tyson kepada Holyfield

Mike Tyson vs Evander Holyfield
Sumber :
VIVAnews -
Reaksi Sedih Petinju China, Setelah Mengira Menang
Momen ketika Mike Tyson menggigit telinga Evander Holyfield merupakan salah satu momen paling dikenang dalam sejarah tinju dunia. Kini, momen tersebut dituangkan ke dalam sebuah buku yang juga penuh cerita tak terungkap dibalik momen tersebut.

Hendak Perkosa PRT, Petinju Olimpiade Dipenjara

Sekitar 16 tahun lalu, Tyson mengigit telinga Holyfield dalam pertarungan sengit di MGM Grand Arena, Las Vegas. Insiden itu dikenal publik Amerika Serikat dengan sebutan "Bite Fight".
LIVE tvOne: Laga Bersejarah Manny Pacquiao


Kolumnis New York Post, George Willis, yang saat itu berada di pinggir arena melihat dengan jelas apa yang terjadi. Ia kemudian menuangkan kisah-kisah tak terungkap dibalik peristiwa itu ke dalam bukunya, "Twice Bitten".


Seorang paramedis bernama Brian Rogers adalah orang pertama yang mengunjungi keduanya di kamar ganti usai pertarungan dihentikan. Ia pertama datang ke kamar ganti Tyson yang sedang mengamuk.


"Dia berteriak-teriak dan memukul dinding. Dia memukul segalanya, sehingga rasanya semuanya bergetar," kata Rogers seperti dilansir
The Sun.


Mike Tyson vs Evander Holyfield


Karena Tyson sedang marah-marah, Rogers kemudian mengunjungi Holyfield. Di kamar gantinya, Holyfield yang dikenal religius ternyata sedang berdoa untuk memaafkan Tyson.


Holyfield setelah itu pergi ke Valley Hospital untuk mengobati lukanya. Di sana, ia diperiksa Dr Julio Garcia seorang ahli bedah plastik. "Secara tradisional, gigitan manusia paling rentan terhadap infeksi. Karena, kita memiliki lebih banyak bakteri di mulut daripada anjing," kata Garcia.


Garcia kemudian diberikan potongan kuping Holyfield. Namun, yang ia dapatkan cuma kulit. Sementara tulang rawannya sudah hilang. Garcia lalu meninggalkan potongan kulit itu sebentar.


Begitu ia kembali, ternyata potongan itu sudah hilang. Gosipnya, potongan itu diambil Holyfield sendiri dan dijual seharga 25 ribu dollar atau sekitar Rp248 juta.


Dalam buku itu, juga terdapat kata pengantar yang ditulis Tyson. "Ketika saya melihat kembali pertarungan kedua melawan Holyfield, saya masih tidak bisa percaya bahwa saya menggigit telinganya. Saya bereaksi buruk saat itu. Dunia tidak pernah melihat saya dengan cara yang sama setelah insiden itu."


Ada banyak teori tentang kenapa Tyson menggigit Holyfield. Salah satunya adalah karena pria berjuluk "Baddest Man on the Planet" itu takut dikalahkan Holyfield lagi. Tyson memang sempat terpojok di pertarungan itu.


Holyfield punya pendapat sendiri soal gigitan tersebut. "Orang tidak menggigit karena mereka jahat. Orang menggigit karena mereka takut," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya