Raymen Sabet Gelar Juara Indonesia Grand Prix 2014

Raymen Kaunang, Pegasus Stable
Sumber :
  • Arthayasa Stable
VIVAnews
Kebakaran Toko Bingkai Mampang, 5 Orang Terluka Dilarikan ke RS
- Rider Pegasus Stable, Raymen Kaunang, keluar sebagai pemenang kelas paling bergengsi Acronis Indonesia Grand Prix 2014 yang digelar di Arthayasa Stables, Cinere, Minggu, 18 Mei 2014. Ketatnya persaingan tiga rider yang bertarung memaksa lomba harus melalui babak jump off.

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Diklaim Bakal Aksi di MK Besok, Polri Lakukan Ini

Pada kelas 135cm-145cm ini, tiga dari 11 rider mencatat angka sempurna tanpa kesalahan. Selain Raymen, rider APM Equestrian, Adi Katompo yang menunggang kuda APM Nastello dan rider Aragon Stables, Brayen Brata Coolen dengan kuda Grace 292 juga mampu melewati semua rintangan yang ada.
Kasus Mayat Perempuan dengan Kondisi Wajah Hancur, Polisi Tangkap 3 Orang


Di babak
jump off
, Adi dan Raymen kembali mampu menghindari penalti. Sedangkan Brayen mencatat 4 angka kesalahan dan harusĀ  puas di tempat ketiga. Raymen yang menunggangi kuda Consquistador akhirnya tampil sebagai juara setelah unggul waktu atas Adi. Raymen mencatat 47,07 detik dan Adi berada di tempat kedua dengan catatan waktu 47,67 detik.


"Saya tadi sempat deg-degan, tapi kuda saya luar biasa. Dia menolong dengan lompatan yang bagus. Saya beruntung di lompatan terakhir setelah sempat salah arah. Saya percaya pada kuda saya, saya tahu karakternya. Dia sangat menolong sekali," ujar Raymen usai penyerahan medali.


Mantan pelatih Tim Berkuda Indonesia di SEA Games 2011, Pieter-Jan Berkers, menilai Raymen tampil cukup baik hari ini. "Dia (Raymen) Kaunang tampil bagus hari ini," kata Jan Berkers saat ditemui usai lomba.


Menurut Jan Berkers, Indonesia sebenarnya memiliki banyak talenta berbakat untuk cabang olahraga berkuda. Namun minimnya kompetisi di tanah air membuat bibit-bibit rider tersebut sulit berkembang.


"Saya pikir, gagasan mengirim rider ke Eropa sangat bagus, Mereka bisa dapat pengalaman. Di Indonesia banyak talenta bagus, yang perlu dilakukan untuk memajukannya adalah mengirim rider ke Eropa karena di sini kompetisi kurang. Di Eropa satu pekan ada dua kompetisi," katanya.


Indonesia Grand Prix telah digelar sejak 2009 lalu. Untuk mendapat pengakuan internasional, course designer tekemuka, Olaf Petersen, diundang membangun rintangan yang menantang. Pria asal Jerman ini pernah bertugas di Olimpiade 1988 di Seoul dan Olimpiade Athena 2004.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya