Janji Pembalap Indonesia Menangkan Etape 2 Tour de Ijen

Start etape dua International Tour de Banyuwangi Ijen 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Tim pembalap Indonesia gagal juara pada etape 1 International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016. Pembalap Tanah Air berjanji akan merajai lintasan di etape selanjutnya.

Korupsi Kredit Rakyat, Eks Kepala Unit BRI Puasa di Penjara

Etape 2 ITdBI 2016 dilaksanakan pada Kamis, 12 Mei 2016. Start dari RTH Maroon, Genteng, Banyuwangi, para pembalap harus mengayuh pedal hingga finis di Taman Blambangan, sejauh 145,7 kilometer, lebih pendek daripada jarak lintasan etape 1.

Rute etape 2 menyuguhkan dua titik sprint, yakni di Sumber Beras dan Rogojampi. Selain itu, juga ada dua titik tanjakan, yakni tanjakan tingkat empat di Pendarungan dan tanjakan kategori tiga di Kalibendo.

Soal Daging Sapi, Jawa Timur Tak Mau Impor

Kondisi rute yang tidak jauh berbeda dengan lintasan etape 1 akan dimanfaatkan betul oleh para sprinter, termasuk sprinter Indonesia, Fatahillah Abdullah. Di etape 1, kemarin, dia sempat berada di barisan depan bunch sprint, tapi kemudian disalip oleh Donghyun Shin dari Korea.

"Tapi, kami akan terus mengejar juara untuk etape 2, juga 3. Saya rasa peluangnya masih sangat terbuka karena kondisi tim juga sangat bagus,” kata Fatahillah, jelang start etape 2.

Lokalisasi Balongcangkring Mojokerto Ditutup

Selain Fatahillah, ada beberapa jago sprint Indonesia lainnya, seperti Arin Isnawa dari Pegasus Continental Cycling Team. Dari luar negeri, ada sprinter seperti Anuar Manan dari Terengganu Cycling Team, Malaysia, dan pembalap Selandia Baru, Jason Christie, dari Kenyan Riders Downunder.

Meski demikian, tetap saja tidak bisa ditebak siapa yang bakal melintasi garis finis pertama. Seperti pada etape 1, Donghyun Shin yang baru kali ini mengikuti ITdBI justru menjadi jawaranya. Padahal, sejak awal namanya tidak masuk di daftar unggulan.

Untuk diketahui, ITdBI 2016 merupakan rangkaian event Tur Asia yang dilaksanakan oleh Persatuan Balap Sepeda Internasional atau Union Cycliste Internationale (UCI). ITdBI kali ini merupakan yang kelima, dilaksanakan selama empat hari, Rabu-Sabtu, 11-14 Mei 2016. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya