Anggaran Kecil, Pembukaan Olimpiade Bakal Ala 'MacGyver'

Stadion Maracana, Brasil
Sumber :
  • REUTERS/Ricardo Moraes
VIVA.co.id
Untuk Pertama Kali, Bintang Muda Manchester United Ini Dipanggil Timnas Inggris
- Menggelar seremoni pembukaan Olimpiade di tengah resesi membuat pihak penyelenggara Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil, memutar otak. Cara ala MacGyver pun akan dilakukan.

10 Kota Paling Berbahaya di Dunia Bagi Wisatawan, Mayoritas Benua Merah
Tiga pembuat film asal Brasil dan para kreatif upacara pembukaan di Rio de Janeiro mengatakan ingin memperlihatkan tradisi luar biasa yang dimiliki Brasil. Tetapi, semua harus dilakukan dengan anggaran yang sangat ketat.

Polisi Tangkap 4 Pelaku Pemerkosa Massal dan Perampokan Turis Spanyol di India
"Kami memiliki anggaran jauh di bawah yang Anda harapkan dalam event seperti ini, tapi kami sudah terbiasa bekerja seperti ini," ujar Daniela Thomas, sutradara dan penulis untuk film seperti 'Paris, je t'aime'.

"Ini adalah ala MacGyver," lanjutnya seperti dilansir dari Reuters.

MacGyver adalah acara televisi Amerika Serikat pada 1980-an tentang seorang agen yang bisa membuat alat dengan barang-barang seadanya.

Pembukaan di Stadion Maracana juga bukan tanpa masalah. Tempat duduk yang rendah dan pintu masuk kecil membuat upacara pembukaan nanti tanpa panggung besar atau gerombolan karnaval. Satu-satunya alat teknologi tinggi yang akan digunakan adalah proyektor video beresolusi tinggi.

Meski memiliki anggaran kecil, Thomas mengatakan mereka berkaca pada Olimpiade pertama di Yunani. Mereka menjanjikan bakal bisa mencuri perhatian 50.000 penonton di dalam stadion dan juga 3 miliar orang penonton televisi sepanjang 3 jam pembukaan.

Musik ala Brasil, termasuk samba dan drum ala karnaval Rio de Janeiro, akan dipertontonkan. Dengan dana tipis, seluruh orang yang tampil rela tidak dibayar.

Meski Komite Penyelenggara Rio 2016 tidak mengungkap berapa dana yang disiapkan untuk pembukaan nanti, menurut beberapa sumber pengeluarannya hanya setengah dari USD$42 juta yang dikeluarkan untuk Olimpiade London 2012.

Tetap Keren di Tengah Resesi


Brasil sedang dalam resesi paling parah sejak 1930-an, ditambah oleh krisis politik yang tengah menggoyang negara Amerika Selatan tersebut.

"Saya pikir ini adalah momen yang sangat tepat untuk Brasil. Dunia tidak butuh pertunjukan besar dan pembukaan megah," ujar Executive Producer, Marco Balich.

Andrucha Waddington, pembuat film yang juga dipercaya pada pembukaan, mengatakan bahkan harus membeli kebutuhan acara prestisius nanti di Saara, sebuah toko di mana kaum Muslim dan Yahudi bekerja sama dan menjual barang-barang sangat murah.

Kalau melihat ke pembukaan Olimpiade dalam beberapa edisi terakhir, tentu pembukaan pada 2008 di Beijing sangat luar biasa. Megah, mewah, dan mahal adalah tiga kata yang keluar usai acara tersebut.

Meski begitu, pihak penyelenggara di Brasil yakin jiwa "Negeri Samba" akan memberikan kelebihan tersendiri pada pembukaan pada Jumat 5 Agustus 2016 atau Sabtu pagi WIB tepatnya pada pukul 06.00 WIB.

"Athena soal klasik, Beijing megah dan besar, London lebih ke smart, dan kami akan lebih cool," ujar sutradara terkenal, Fernando Meirelles, yang naik namanya berkat film 'City of God'. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya