Lapangan Sepakbola Ini Bakal Disulap Jadi Arena Sepatu Roda

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eduard Ambarita

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal mengubah salah satu fungsi arena olahraga di bilangan Cempaka Putih, Jakarta Timur. Pusat olahraga yang dikenal dengan Arcici Sport Center itu bakal disulap dari lapangan sepak bola menjadi stadion sepatu roda berskala internasional.

Atlet Sepatu Roda Sumut Latihan ke Semarang untuk Persiapan PON 2024

"Diubah menjadi lapangan untuk latihan dan tempat-tempat sepatu roda. Karena Jakarta belum punya tempat untuk berlatih dan sebagai lokasi untuk kejuaraan sepatu roda standar internasional. Kita punya di Kali Jodoh itu kan skateboard ini sepatu roda," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat usai bertemu PT Jakarta Tourisindo di Balai Kota, Rabu 22 Februari 2017.

Djarot mengatakan, Jakarta Tourisindo yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah milik DKI, rencananya akan menggarap proyek perubahan fungsi arena olahraga ini. Selain itu, politikus PDIP itu berharap dengan dibangunnya arena olahrga sepatu roda, ke depan bisa difungsikan menjadi wadah berkumpulnya anak muda Jakarta. Karena berdasarkan laporan dari Badan Narkotika Nasional Provinsi DKI Jakarta, penyalahgunaan narkoba khususnya di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) semakin meningkat.

Diikuti 209 Peserta, Skate Cross Competition 2023 Diharap Lahirkan Atlet Potensial

"Hasilnya mengejutkan dari 23 SMA/ MK yang ada di Jakarta, secara acak kita jadikan project (sampel) dari 880 murid SMA itu hampir separuhnya terpapar narkoba maka dari itu pusat-pusat kegiatan bagi anak muda ini menjadi sangat penting," katanya.

Direktur Utama Jakarta Tourisindo, Emeraldo Parengkuan, mengatakan potensial bisnis dari dibangunnya arena sepatu roda. Bekerja sama dengan asosiasi sepatu roda Indonesia, BUMD yang bergerak di bisnis perhotelan ini akan mendapatkan keuntungan lebih dengan mengembangkan unit usaha lain.

Edy Rahmayadi Dorong Sepatu Roda Sumut Berprestasi di PON 2024

Jika pembangunan ini terjadi, perusahaannya bakal meraup untung minimal Rp12-13 miliar per tahun. Sebab, arena olahraga tersebut dicanangkan menjadi satu-satunya sarana olahraga sepatu roda di Indonesia berkelas internasional.

"Mereka (asosiasi sepatu roda) memaparkan kepada kami karena sudah pegang agenda selama setahun apa saja dan untuk latihan. Setiap kali ada event (internasional sepatu roda) pasti mereka akan perlu fasilitas kamar hotel. Selain itu menjadikan lapangan sport center lebih hidup," kata Emeraldo.

Pusat olah raga Arcici ini berada di lahan 4 hektar dengan berbagai fungsi seperti kolam renang, pusat kebugaran (fitness center) dan lapangan futsal dan ruang terbuka hijau. Emeraldo mengatakan, pemaparan proyek ini akan dibawa ke tangan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama terkait kepastian jadi atau tidaknya. Bila pembangunan disetujui, sarana olah raga ini bisa dibuat salah satu tempat Asian Games yang salah satunya cabangnya adalah sepatu roda.

"Tergantung dari diterima paparannya oleh Pemprov DKI.  Kalau Gubernur oke kan kita lengkapi persyaratan baru kita lakukan pekerjaanya di kuartal II tahun ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya