Jawa Timur Sabet Juara Umum Renang Festival Akuatik

Kontingen Jawa Timur juara umum cabang renang
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Kontingen Jawa Timur keluar sebagai juara umum cabang renang di Festival Akuatik Indonesia 2017 yang berlangsung di Jakabaring Aquatic Stadium, Palembang, Sumatera Selatan, 21-25 April 2017. Jatim yang berkekuatan 53 perenang secara total meraih 52 emas, 40 perak, dan 32 perunggu. 

Kolaborasi Akuatik Indonesia dengan Komunitas Renang Indonesia di Festival OWS Bali

Masih dalam cabang yang sama, peringkat 2 direbut oleh kontingen Jawa Barat dengan koleksi 37 emas, 48 perak dan 25 perunggu. Sedangkan kontingen DKI Jakarta mendapatkan posisi 3 dengan 29 emas, 31 perak dan 52 perunggu.

"Kami selalu memberikan yang terbaik untuk Jawa Timur. Yang terpenting pembinaan harus terus berjalan sehingga Jatim bisa terus mencetak perenang-perenang nasional," ujar Choirul Umam, manajer kontingen Jatim, dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Selasa 25 April 2017.

Anggota TNI Serda Archia Febra Raih Penghargaan Usai Taklukan Selat Sunda Sejauh 39 Kilometer

Sebagai informasi, salah satu medali emas untuk kontingen Jakarta diperoleh dari perenang nasional Gede Siman Sudartawa yang masih menjadi yang terbaik di nomor andalannya 100 meter gaya punggung putra dengan catatan 55,19 detik. Torehan tersebut hanya berbeda tipis dengan rekor nasional miliknya yang mencatatkan 55,10 detik.

Di nomor 100 meter gaya punggung putri, Nurul Fajar Putri dari Jawa Timur sukses meraih juara dengan catatan waktu satu menit 04,58 detik. Yessy Yosaputra menempati posisi 2, sedangkan posisi 3 ditempati AA Istri Kania.

Akuatik Indonesia Resmi Ganti Nama Jadi Federasi Akuatik Indonesia

Di nomor bergengsi 50 meter gaya bebas putra, Triadi Fauzi menang dengan catatan waktu 23,29 detik. Posisi 2 direbut Raymond Sumitra, dan Glen Viktor Susanto berada di posisi 3.

AA Istri Kania Ratih sukses merebut juara di nomor 50 meter gaya bebas putri. Dia menorehkan catatan waktu 27,07 detik. Sagita Putri menempati posisi 2 dan Patrisia Rosita di tempat 3.

Sementara itu, Adityasthia Rai sukses menjadi juara di nomor 200 meter gaya kupu-kupu putra. Dia menorehkan waktu 2 menit 04,92 detik. Posisi 2 ditempati Fadlan Prawira dengan catatan waktu 2 menit 05,16 detik.

Pada nomor 200 meter gaya kupu-kupu putri, perenang Jawa Timur, Adinda Larasati, menjadi juara dengan catatan dua menit 14,22 detik. Azzahra Permatahani menempati posisi 2 dan posisi 3 ditempati Raina Saumi.

Selain rekor-rekor tersebut, perenang DKI Jakarta, Gagarin Nathaniel Yus, berhasil terpilih sebagai perenang terbaik di kelompok putra. Sedangkan Ananda Treciel Vanessae Evato, menjadi yang terbaik di kelompok putri.

Selanjutnya di tempat yang sama, Festival Akuatik akan melombakan cabang renang indah pada 26-28 April. Sedangkan loncat indah akan dihelat pada 26-29 April 2017. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya