6 Rekornas Pecah, Modal Bagus Timnas Renang di SEA Games

Perenang putra kontingen asal DKI Jakarta, Gagarin Nathaniel Yus
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Festival Akuatik Indonesia 2017 telah menghadirkan banyak kejutan. Sebanyak enam rekor nasional pecah dalam lima hari penyelenggaraan.

Kejurprov DKI Jadi Tolak Ukur Performa Atlet Pelatnas Renang

Enam rekor tersebut dipecahkan oleh empat atlet yang bergabung di pelatnas, Gagarin Nathaniel Yus, Azzahra Permatahani, Ananda Treciel Vanessae Evato, dan Ressa Kania Dewi.

Dengan fakta tersebut, Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia menyimpulkan, banyak kemajuan yang tercipta selama empat perenang tersebut gabung ke pelatnas.

Fadlan Prawira Kembali Pecahkan Rekor Nasional di SEA Games 2019

"Tercipta rekornas di enam nomor. Artinya, banyak kemajuan selama berlatih di pelatnas. Ada banyak perenang yang memiliki kemajuan pesat. Kami akan evaluasi secepatnya demi menentukan tim yang akan dikirim ke SEA Games 2017," kata Wakil Ketua Umum PB PRSI, Harlin E Rahardjo, Rabu 26 April 2017.

Namun, demi menentukan tim inti SEA Games 2017, PRSI masih ingin melihat konsistensi para atletnya di dua ajang lagi. Mereka berencana mengirim atlet-atlet yang masuk dalam proyeksi SEA Games ke ajang Islamic Solidarity Games dan Malaysia Open.

Siman Sudartawa Sulit Makan di Kampung Atlet SEA Games 2019

"Keduanya jadi try out terakhir demi menentukan tim inti yang berangkat ke SEA Games. Setelah tim inti terbentuk, jumlah medali yang ditargetkan baru bisa kami tentukan," kata Harlin.

Pelatnas di Bali, disebut salah satu pemecah rekornas yang juga atlet terbaik kelompok putri, Vanessae, menjadi kunci kegemilangannya di Festival Akuatik 2017. Menurutnya, pelatih David Armandoni melatih seluruh atlet dengan sangat detail.

Tak cuma teknik, aspek lainnya juga diperhatikan David. "Pelatih pandai dalam memberi masukan. Jadi, kami bisa membangun komunikasi yang baik," terang Vanessae. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya