Konimex Run For Health Perebutkan Hadiah Puluhan Juta

Direktur konimex Rachmadi Joesoef menunjukkan medali
Sumber :
  • Fajar Sodiq

VIVA.co.id – Sebanyak 2300 peserta akan mengikuti lomba lari half marathon yang bertajuk 'Run For Health' di Solo Baru pada Minggu, 14 Mei 2017. Lomba lari tersebut dibagi ke dalam empat kategori, yakni 21 K (half marathon), 10 K, 5 K dan Kids Runs berjarak 1 K.

1000 Peserta Bakal Ikuti Grid Cardio Rush, Ada Pemain Dewa United

Direktur PT Konimex , Rachmadi Joesoef mengatakan, acara ini untuk memperingati ulang tahun ke-50 perusahaan farmasi tersebut. Acara lari half marathon ini merupakan yang pertama kali digelar di Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah. Jumlah peserta yang ditargetkan untuk mengikuti lomba lari tersebut sebanyak 2500 peserta.

"Dari jumlah pendaftar yang tercatat hingga hari ini sudah terdaftar 2300 peserta. Jumlah itu sudah cukup bagus untuk kegiatan lomba lari yang baru pertama kali digelar," kata Rachmadi saat konferensi pers di Hotel Alila, Solo, Sabtu, 13 Mei 2017.

Dimas Seto dan Dhini Aminarti Ajak Puluhan Artis Olahraga Lari dan Donasi

Ia menyebutkan, acara lomba lari akan dimulai pada pukul 05.00 WIB Minggu, yang rencananya dilepas oleh Bupati Sukoharjo, Wardoyo. "Untuk kategori half marathon start akan dimulai pukul 05.00 WIB. Untuk 10 K akan dilepas pukul 05.15 WIB, kategori 5 K start mulai pukul 05.30 WIB. Sedangkan untuk kategori Kids Run dilepas pukul 08.00 WIB dan diikuti anak-anak dibawah umur 12 tahun," jelas Rachmadi.

Lomba lari tersebut, dikatakan Rachmadi menyediakan sejumlah hadiah untuk semua kategori. Untuk kategori lomba lari 21 K juara pertama akan mendapatkan Rp12 juta, juara 2 senilai Rp8 juta dan juara 3 Rp 4 juta. 

Sukses Digelar, 4 Ribu Pelari Ramaikan Victoria Run 2023

Untuk kategori lomba lari 10 K, juara 1 mendapatkan hadiah sebesar Rp6 juta, juara 2 Rp4 juta dan juara 3 Rp2 juta. Sedangkan hadian kategori lomba lari 5 K, juara 1 mendapatkan hadiah Rp3 juta, juara 2 Rp2 juta dan juara 3 Rp1 juta. "Selain hadiah untuk juara lomba lari, kami juga menyediakan hadiah door prize bagi peserta lomba lari. Hadiahnya berupa 2 unit motor," ujarnya.

Rachmadi menjelaskan, lomba lari tersebut merupakan bagian dari kontribusi PT Konimex dalam mensukseskan program Proyek Sanitasi Sekolah guna memenuhi tersedianya sanitasi dasar yang lebih memadai.

"Di mana 230 kilometer yang terlewati oleh para pelari yang berpartisipasi akan dikonversi menjadi pembangunan satu buah toilet. Nantinya kami berkomitmen untuk membangun 150 toilet di 75 Sekolah Dasar di Kabupaten Sukoharjo," kata dia.

Rachmadi mengungkapkan, dengan mengikuti lari, para peserta lomba tersebut juga ikut berkontribusi bagi terciptanya perilaku hidup bersih dan sehat di tingkat sekolah dasar di Sukoharjo. "Kegiatan Run For Helath yang kami usung merupakan bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat Sukoharjo yang juga membantu terwujudnya proyek sanitasi sekolah," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Sukoharjo, Tri Tuti Rahayu mengatakan, Kabupaten Sukoharjo saat ini sedang gencar mensosialisasikan sebuah gerakan yang diprakarsasi oleh presiden, yakni Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS.

"Kami melihat bahwa rangkaian acara PT Konimex ini sejalan dengan dua dari tujuh kegiatan yang ada dalam GERMAS, yaitu melakukan aktifitas fisik dan menggunakan jamban. Harapan kami dengan kegiatan itu masyarakat Sukoharjo dapat lebih membudayakan pola hidup sehat," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya