Gowes Pesona Nusantara Hadirkan Semangat Jaga NKRI

Acara pelepasan Gowes Pesona Nusantara di Jayapura
Sumber :
  • Dok. Kemenpora

VIVA.co.id – Suasana haru mengiringi upacara pelepasan seribu lebih pesepeda dalam program Gowes Pesona Nusantara (GPN) di Kompleks GOR Waina Batas Kota Jayapura. Acara ini merupakan bagian dari kampanye Ayo Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sekaligus promosi Asian Games Jakarta-Palembang 2018.

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora

Hadir dalam acara tersebut, Staf Ahli Bidang Pengarustamaan Pemuda dan Olahraga, Adiati Noerdin. Dia bahkan tak kuasa menahan air mata saat menerima tanah dan air Port Numbay yang diberikan Sekretaris Daerah Kota Jayapura, R.D. Siahaya.

"Saya tak kuasa menahan air mata saya menetes. Saya terharu, begitu syahdu dan khidmat saat lagu "Tanah Airku Indonesia" dinyanyikan bersamaan dengan penyerahan tanah dan air dari Jayapura," kata Adiati.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Kesan yang dia dapat dari rangkaian acara GPN 2017 ini adalah hadirnya semangat menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Ini kesan yang mendalam buat saya di tengah kegaduhan yang mengancam Bhinneka Tunggal Ika dan keutuhan NKRI," imbuh dia.

"Karena itu tanah dan air (dari Jayapura) ini besar artinya bagi Indonesia. Ini bisa menjadi simbol menyatukan Indonesia. Nanti akan disatukan dengan tanah dan air dari daerah lainnya di Magelang 9 September, saat puncak acaranya,"

Sudah Video Call, Penyerang Label Eropa Bakal Perkuat Timnas Indonesia?

Anak-anak, pemuda tanggung, hingga ibu rumah tangga dan bapak-bapak meramaikan acara ini. Tak ketinggalan, anak-anak dengan memakai pakaian adat Papua mewarnai prosesi pelepasan PGN di Jayapura.

Mereka kemudian menyatu di tengah lapangan depan kantor melakukan senam poco-poco yang berisi gerakan sembilan cabang olahraga macam bulu tangkis, tenis meja, lempar lembing, tolak peluru dan sebagainya. (ren)

Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol Komang Teguh

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO

Menpora Dito Ariotedjo buka suara terkait jebolan PPLP, PPOP, dan SKO Kemenpora mendominasi skuad Timnas Indonesia U-23 saat mengalahkan Australia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024