Intip Kesiapan RI Jadi Arena Tarung Atlet Terbaik Asia

Menpora, Imam Nahrawi
Sumber :
  • Fajar Ginanjar Mukti/ VIVA.co.id

VIVA.co.id – Panitia terus mengebut persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018. Indonesia akan menjadi tuan rumah yang memungkinkan para atlet terbaik di benua Asia bertanding dengan nyaman.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Wakil Presiden Jusuf Kalla selaku Ketua Dewan Pengarah memimpin rapat persiapan itu di kantornya, Jumat 2 Juni 2017. Hadir dalam rapat itu antara lain Menpora Imam Nahrawi bersama Ketua KOI sekaligus Ketua INASGOC Erick Thohir  Ketua KONI Tono Suratman, dan Kasatlak PRIMA Achmad Soetjipto.

"Hari demi hari bergerak cepat, perhelatan akbar Asian Games-Asian Paragames 2018 akan segera sampai waktunya. Persiapan terus dikebut secara maraton, apapun yang menjadi kendala segera diatasi dengan tetap memperhatikan azas prioritas dan fleksibilitas," kata Menpora Imam Nahrowi.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Menurutnya, Wakil Presiden selaku Ketua Dewan Pengarah begitu konsen terhadap sukses prestasi yang ditergetkan Indonesia. Berbagai hal yang menghambat harus segera diatasi bersama.

Masalah pendanaan menjadi hal penting yang menjadi pembahasan rapat demi persiapan yang lebih baik agar target prestasi peringkat 8-9 Asia mampu diperoleh. 

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Pak Wapres memerintahkan Menpora, Ketua INASGOC, Ketua KONI, Kasatlak PRIMA agar mengatasi dan mencari jalan keluar bersama setiap permasalahan," ujarnya.

"Tentang pencairan pendanaan misalnya, prinsip kehati-hatian yang selama ini diterapkan Kemenpora tetap perlu, akan tetapi harus ada fleksibilitas aturan-aturan sehingga pelatnas, pembinaan atlet tidak terhambat, nanti setiap pencairan perlu persetujuan Pak Wapres." 
 
Untuk optimesme target bertengger diperingkat 8 atau 9 Asia, Kasatlak PRIMA Achmad Soetjipto meskipun belum menyampaikan secara detail, dijelaskan bahwa dari 39 cabang olahraga yang dipertandingkan ada 22 cabor yang berpotensi memperoleh medali. 

"Optimis, ada 22 cabor yang kita miliki punya potensi mendapatkan medali," katanya.
 
Adapun mengenai tes even, Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan bahwa tes itu bukan untuk mengukur prestasi tetapi untuk mengukur kesuksesan penyelenggaraan, jika ada kekurangan perihal sarana pendukung penyelenggaraan dapat segera diatasi. 

"Lebih lanjut nanti disampaikan ada 10 cabor yang digelar di tes even," katanya. 

Hadir juga mengikuti rapat, Ketua BPKP Mardiasmo, Plt. Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Washington, Ketua KONI Tono Suratman, Ketua Bidang Pembinaan KONI Suwarno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya