Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 3 Juli 2017 | 11:47 WIB
  • Kemenangan Jeff Horn Atas Manny Pacquiao Penuh Kecaman

  • Oleh
    • Riki Ilham Rafles
Kemenangan Jeff Horn Atas Manny Pacquiao Penuh Kecaman
Photo :
  • AAP/Dave Hunt/via REUTERS
Duel Manny Pacquiao vs Jeff Horn

VIVA.co.id – Pertarungan antara Manny Pacquiao melawan Jeff Horn di Suncorp Stadium, Brisbane, Australia, Minggu 2 Juli 2017 menuai kecaman. Sebab, publik menilai juri telah salah dalam memberi penilaian.

Dari 12 ronde yang dijalani, Horn dinyatakan menang angka atas Pacquiao. Juri Waleska Roldan memberi poin 117-111 untuk kemenangan petinju tuan rumah. Sedangkan dua lagi, Chris Flores dan Ramon Cerdan memberi nilai sama 115-113.

Bukan tanpa alasan publik memberi kecaman terhadap penilaian ketiga juri tersebut. Sebab, dari statistik pertandingan yang ada, Pacquiao jauh lebih unggul dari segi pukulan efektif.

Dikutip dari abs-cbn, Pacquiao melepaskan 573 pukulan, dan 182 berhasil mendarat ke sasaran. Persentasenya pun mencapai 32 persen.

Sedangkan Horn memiliki persentase 15 persen. Petinju berusia 29 tahun tersebut melepaskan 625 pukulan, tetapi cuma 92 yang tepat pada sasaran.

Beberapa pelaku olahraga papan atas pun turut bersuara. Mereka mengaku heran dengan penilaian juri, karena dari penampilan jelas Pacquiao yang unggul.

"Tinju sangat edan! Pac-Man lagi-lagi dicurangi. Inilah mengapa MMA jauh lebih menarik saat ini," tutur mantan pebasket NBA, Chauncey Billups, melalui Twitter pribadinya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh mantan petinju dunia, Lennox Lewis. Dia menyoroti hasil penilaian yang diberikan Waleska karena membuat Pacquiao kalah telak.

"Wow! Pac kalah poin? Satu juri memberi nilai 117-111? Itu bukanlah hasil pertarungan seperti yang saya saksikan," tulisnya melalui Twitter.

Masih banyak berbagai keluhan terkait dengan penilaian juri pada laga Pacquiao vs Horn. Bahkan, seorang Kobe Bryant juga turut mengekspresikan ketidakpercayaannya.