Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 8 Juli 2017 | 11:09 WIB
  • Menikmati Alam Payakumbuh Lewat Kayuhan Sepeda

  • Oleh
    • Muhammad Indra Nugraha,
    • Satria Permana
Menikmati Alam Payakumbuh Lewat Kayuhan Sepeda
Photo :
  • VIVA.co.id/Satria Permana
Gowes Pesona Nusantara

VIVA.co.id - Panas matahari sudah menyelimuti Payakumbuh, Sumatera Barat, pada Sabtu pagi 8 Juli 2017. Saat itu juga 3.500 pesepeda berkumpul di Taman Digital Payakumbuh.

Mereka rela menunggu berjam-jam demi mengikuti ajang Gowes Pesona Nusantara, sebuah program yang digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam rangkaian kampanye "Ayo Olahraga".

Tepat pukul 09.00 waktu setempat, para peserta mulai mengayuh sepeda mereka, menyusuri bumi Payakumbuh. Jalan sepanjang 10 kilometer mereka tempuh.

Anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lanjut usia, ikut bergowes. Tapi, di sepanjang perjalanan mereka sama sekali tak lelah.

Maklum, udara Payakumbuh begitu segar. Ditambah, mereka disajikan pemandangan Payakumbuh yang begitu asri dan bersahabat.

"Olahraga sepeda memang sedang kami kembangkan. Payakumbuh menjadi salah satu lokasi yang bisa menyediakan trek sepeda terbaik untuk para pegowes. Kami memiliki trek yang menarik, dengan pemandangan bagus tentunya," kata Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, kepada VIVA.co.id, Sabtu 8 Juli 2017.

Saat ini, Payakumbuh memiliki trek sepeda gunung yang layak untuk menggelar event internasional. Itu terdapat di kawasan Ngalau Indah.

Pada dasarnya, Ngalau Indah bukan tempat yang asing bagi para pesepeda profesional. Sebab, lokasi ini kerap disinggahi ketika gelaran Tour de Singkarak.

"Ketika Kemenpora memberikan kesempatan untuk jadi tuan rumah Gowes Nusantara, kami langsung ambil. Memang, sepeda jadi salah satu wisata olahraga unggulan Payakumbuh," ujar Riza.

Sementara itu, Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Jonni Mardizal, berharap dengan kehadiran Gowes Nusantara, Payakumbuh bisa mengembangkan potensi olahraganya.

"Banyak yang bisa dikembangkan di Payakumbuh. Selain itu, saya berharap masyarakat Payakumbuh bisa lebih memperhatikan kesehatan mereka dengan lebih sering berolahraga," terang Jonni. (ren)