Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 11 Juli 2017 | 20:46 WIB
  • Timnas Voli Putri Indonesia Tembus Semifinal VTV 2017

  • Oleh
    • Riki Ilham Rafles
Timnas Voli Putri Indonesia Tembus Semifinal VTV 2017
Photo :
  • ANTARA FOTO
Ilustrasi voli putri Indonesia

VIVA.co.id – Timnas bola voli putri Indonesia sukses melangkah ke semifinal Piala VTV 2017. Aprilia Manganang dan kawan-kawan mengalahkan tuan rumah Vietnam B dengan skor 3--1 (25-12, 25-12, 21-25, 25-14) di GOR Nha Thi Dau, Hai Duong, Vietnam, Selasa 11 Juli 2017.

Dengan kemenangan tersebut, Timnas Putri menempati posisi kedua Grup B, di bawah Jepang. Tim negeri Matahari Terbit itu menjuarai Grup B, usai tak terkalahkan dalam tiga laga.

Turun dengan pasangan Wilda Siti Nurfadhilah Sugandhi, Tri Retno Mutiara Lutfi, Yolla Yuliana, Hanny Budiarti, Aprilia Manganang, Nandita Ayu Salsabila, dan libero Berlian Marshella, tim besutan Risco Herlambang itu tidak memberi ampun tim tuan rumah Vietnam junior. Set pertama dimenangkan Timnas Putri dengan skor 25-12.

Pada set kedua, dengan pasangan yang sama Timnas Putri yang disiapkan menghadapi SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia memimpin hingga 8-0, 16-5, 21-8 dan ditutup dengan kemenangan 25-12.

Set ketiga, tim tuan rumah menggebrak dan memimpin 4-0. Sedangkan Timnas Putri terus tertinggal 12-16, 17-21, 18-23, dan kemudian ditutup dengan kekalahan 21-25. Set ini, Risco banyak melakukan penggantian pemain di pertengahan set.

Set keempat, giliran Timnas Putri yang terus memimpin perolehan angka. Dengan hanya mengganti Hanny Budiarti dengan Novia Andrianti pada awal set keempat ini, mereka tidak terbendung lagi dan menyelesaikan set itu dengan 25-14.

"Set ketiga saya banyak melakukan penggantian pemain. Saya mencoba pemain. Tujuan ke Vietnam ini kan salah satunya mencoba formasi pemain. Harusnya kita bisa menang 3-0 set ketiga itu," ujar Risco usai pertandingan.

Lebih lanjut, pelatih yang sukses mempersembahkan medali emas PON 2016 bagi tim putri Jawa Barat itu, mengaku kalau di Vietnam ini kesempatan untuk mencoba tim. "Waktunya sudah dekat menghadapi SEA Games di Kuala Lumpur. Di sinilah kesempatannya," tambahnya.

Timnas Putri akan menghadapi pemenang antara tuan rumah Vietnam A dan Suwon City Korea Selatan yang ketika berita ini diturunkan baru berlangsung. Pemenang pertandingan di Grup A itu akan menjadi juara. Sedang yang kalah akan bertemu juara Grup A, yakni Jepang.