Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 12 Juli 2017 | 16:44 WIB
  • Polri Dorong Prestasi Olahraga Kaum Difabel

  • Oleh
    • Muhammad Indra Nugraha,
    • Donny Adhiyasa
Polri Dorong Prestasi Olahraga Kaum Difabel
Photo :
  • VIVA.co.id/Donny
Jumpa pers Bhayangkara Run 2017

VIVA.co.id - Makin populer dan besarnya animo masyarakat Tanah Air terhadap olahraga lari, kian mencuat beberapa waktu belakangan ini. Sejumlah kegiatan berlari juga kini seolah menjadi bagian gaya hidup sehat kaum urban di kota-kota besar.

Melihat fenomena tersebut, Kepolisian Republik Indonesia dalam rangka memeriahkan puncak hari Bhayangkara ke-71 menggelar event lari bertajuk Bhayangkara Run 2017. Gelaran ini, menurut rencana akan berlangsung Minggu 16 Juli 2017, dengan start lomba dari kawasan Monas, Jakarta.

Lomba lari berhadiah total uang tunai Rp236 juta ini juga dimanfaatkan Polri untuk turut merangkul solidaritas dengan kaum disabilitas ikut memajukan olahraga nasional. Hal ini ditandai dengan diadakannya kategori khusus penyandang difabel dalam ajang yang akan melibatkan sekitar 9.000 peserta tersebut.

Ungkapan tersebut terungkap dalam konferensi pers Bhayangkara Run di FX Senayan, Rabu 12 Juli 2017. Pada sesi tersebut, hadir perwakilan dari Yayasan Kemala Bhayangkara, Ibu Niken Arif dan Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Royke Lumowa selaku penanggung jawab acara, serta Edi Purnomo sebagai Presiden Direktur Bhayangkara Run 2017.

Di kesempatan itu, bahwa dalam gelaran perdana Bhayangkara Run ini tema berbagi kemeriahan untuk semula kalangan tanpa terkecuali menjadi benang merah acara tersebut. Poin ini juga yang menjadi alasan dilibatkanya kalangan difabel di lomba lari dengan tiga kategori itu, yakni 10 kilometer, 5 kilometer dan 3 kilometer pleton serasi (khusus kesatuan Polri).

"Kami berharap, partisipasi kalangan difabel dapat memberi inspirasi dan perspektif baru pada kita bahwa semua lapisan berhak mendapatkan perlakuan serta perhatian yang sama tanpa tetkecuali," ujar Niken, yang mewakili Ketua Pembina Yayasan Kemala Bhayangkara, Ibu Tri Tito Karnavian kepada para wartawan yang hadir.

Di sesi tersebut juga turut hadir perwakilan peserta penyadang difabilitas dengan prestasi nasional di ajang Papernas 2016 lalu yaitu Leinderi Hermanadi dan Nurdin.

Deretan hadiah menarik akan ditawarkan penyelenggara bagi para pemenang, di antaranya adalah grand prize satu unit apartemen, lima paket umroh, dan dua slot undian mengikuti Sydney Marathon 2017.

Tak cuma itu, ajang lari Bhayangkara Run ini juga akan dimeriahkan penampilan panggung artis-artis ternama seperti Marcel Siahaan, Inul Daratista, dan Nidji.