Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 16 Juli 2017 | 23:29 WIB
  • Etape 3 Tour de Flores Jadi Milik Pebalap Iran

  • Oleh
    • Riki Ilham Rafles
Etape 3 Tour de Flores Jadi Milik Pebalap Iran
Photo :
  • Dok. PB ISSI
Pebalap sepeda asal Iran, Arvin Moazamigodarzi menang etape 3 Tour de Flores

VIVA.co.id – Etape 3 Tour de Flores digelar Minggu 16 Juli 2017. Menempuh jarak 83,3 kilometer dari Ende ke Mbay, pebalap sepeda asal Iran, Arvin Moazamigodarzi keluar sebagai yang tercepat.

Catatan Arvin sekaligus menyelamatkan wajah Pishgaman Cycling Team yang belum maksimal di etape sebelumnya. Apalagi, mereka merupakan salah satu tim terkuat di ajang Tour de Flores.

Tampil agresif sejak awal, Moazamigodarzi menyapu bersih semua poin yang disediakan pada etape 3. Dia merebut intermediate sprint pada km 28 di Nangapanda dan terus mempertahankan keunggulannya dengan mengambil poin pada dua titik tanjakan di Bidoa Buatuwe dan Kapela Lape.

Juara bertahan Daniel Whitehouse dari tim CCN masuk finis di tempat kedua dengan selisih waktu 53 detik, sementara pebalap Spanyol Edgar Nohales Nieto dari tim 7-Eleven di posisi ketiga dengan selisih waktu 1 menit 21 detik.

Meski begitu, hasil ini belum mempengaruhi klasemen umum. Karena pemegang kaus kuning, Nick Miller dari tim Futuro mampu finis bersama peloton dengan selirih waktu 3 menit 53 detik.

Dengan begitu, Miller masih memimpin klasemen umum dengan total waktu 9 jam 40 menit 48 detik. Tetapi, menurutnya etape ketiga ini memiliki medan yang berat bagi pebalap.

"Kondisi trek pada etape ini sangat bervariasi yang membuat etape ini sangat sulit. Tapi, saya sangat bersyukur karena bisa melakukan usaha ekstra dan saya bangga dengan kerja sama yang ditunjukkan oleh tim," tutur Miller.

Dari wakil tuan rumah, Muhamad Imam Arifin masih mampu mempertahankan kaus putih (pembalap Indonesia terbaik), dan kaus biru (pembalap Asia Tenggara terbaik). Menurutnya, hasil ini tak lepas dari dukungan rekan setimnya.

"Lomba hari ini sangat agresif karena terjadi banyak attack. Berkat dukungan dari seluruh tim, saya masih bisa mempertahankan kaus putih dan kaus biru," ujar pembalap dari tim KFC tersebut.

Sementara itu, Keisuke Aso masih akan memakai kaus polka dot di etape berikutnya. Pebalap dari tim Kinan itu memimpin kategori raja tanjakan dengan total 18 poin, sementara Choe Hyeong-min dari tim Geumsan Insam Cello masih memimpin kategori sprint.

Selanjutnya, Tour de Flores 2017 memasuki etape 4, Senin 17 Juli 2017, dengan jarak tempuh 170,9 kilometer dari Mbay ke Borong.