Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 17 Juli 2017 | 06:01 WIB
  • 6.000 Peserta Ikuti Gowes Pesona Nusantara Jambi

  • Oleh
    • Edwan Ruriansyah
6.000 Peserta Ikuti Gowes Pesona Nusantara Jambi
Photo :
  • Gowes Pesona Nusantara
Gubernur Jambi Zumi Zola ikuti Gowes Pesona Nusantara.

VIVA.co.id – Gowes Pesona Nusantara (GPN) Etape Tanah Pilih Pusako Batuah di Kota Jambi, Minggu 16 Juli 2017 berlangsung meriah. Lebih dari 6.000 peserta meramaikan acara agenda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang juga bagian dari promosi Asian Games 2018 ini.

GPN Jambi menggelar dua nomor, gowes santai menempuh jarak 10 km dan kelas balap dengan jarak 40 km. Kedua nomor tersebut melakukan start di Tugu Sultan Thaha Kantor Gubernur Jambi.

Untuk finis, kedua nomor akan berkumpul dalam satu titik di Tugu Angso Duo Kota Baru atau yang lebih dikenal dengan Taman Jomblo. Setelah itu puncak dari acara, panitia setempat pun memberikan sejumlah aksi hiburan, juga hadiah menarik bernilai puluhan juta.

"Kami telah menyediakan hadiah total Rp10 juta. Untuk balap kami telah berkoordinasi dengan ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia)," kata Moncar Widayanto selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) kota Jambi, dalam rilis GPN.

Di sisi lain, Jonni Mardizal selaku Plt Deputi 2 Bidang Pembudayaan Pemuda yang mewakili Menpora Imam Nahrawi mengatakan bahwa Kota Jambi yang menjadi salah satu lokasi yang ditunjuk untuk menggelar Gowes Pesona Nusantara, dinilai cukup sukses dan meriah. Mewakili pemerintah, Jonni berujar bahwa kehadiran Kementerian Pusat di daerah merupakan suatu wujud arahan Presiden Joko Widodo yang meminta para perangkatnya terjun ke daerah-daerah di Nusantara.

"Ini merupakan sebagai suatu perwujudan sesuai dengan keinginan Bapak Presiden akan kehadiran pemerintah pusat di daerah. Dalam bersepeda, kami mengajak semua untuk bergerak. Untuk Jambi Tuntas dan Bangkit," terang Jonni.

"Kami memberikan apresiasi dan penghormatan kepada Provinsi Jambi yang telah berkenan untuk menyelenggarakan GPN ini. Kegiatan Gowes Pesona Nusantara ini merupakan salah satu kegiatan Kemenpora yang berada di dalam payung besar Ayo Olahraga. Selai gowes di dalamnya juga ada Gala Desa, senam dan lainnya," papar dia.

Sementara itu, Zumi Zola Zulkifli selaku Gubernur Provinsi Jambi, turut senang setelah dua wilayahnya terpilih sebagai tempat perhelatan Gowes Pesona Nusantara. Ini akan terus meningkatkan animo masyarakatnya agar lebih giat bersepeda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

"Dengan ada acara ini tentu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat kota Jambi. Dan tentunya ini sangat direspons masyarakat. Untuk gowes ini sudah menjadi salah satu cabor populer baik di Indonesia maupun Jambi sendiri. Di kota Jambi sendiri banyak komunitas sepeda. Pemerintah kota Jambi merespons semangat olahraga di kota ini," kata Zumi Zola.

Gowes Pesona Nusantara secara resmi dimulai pada Sabtu 13 Mei 2017 oleh Menpora Imam Nahrawi. Etape pertama dimulai pada titik 0 (nol) kilometer di Kota Sabang. Gowes Pesona Nusantara ini akan terus digelar di 90 kabupaten/kota seluruh Indonesia dalam mengkampanyekan program `Ayo Olahraga`.