Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 21 Juli 2017 | 21:49 WIB
  • Renang Sumbang Emas Terbanyak ASG 2017, Pelatih Terkejut

  • Oleh
    • Suryanta Bakti Susila,
    • Muhammad Nurhendra Saputra
Renang Sumbang Emas Terbanyak ASG 2017, Pelatih Terkejut
Photo :
  • PB PRSI
Tim renang Indonesia pada Asean Schools Games (ASG) 2017

wqeVIVA.co.id – Atlet renang menjadi penyumbang terbanyak medali dalam ASEAN School Games 2017 di Singapura. Total mereka menyumbangkan 20 medali emas, 9 perak dan 9 perunggu. 

Dalam kejuaraan multi event tersebut, Indonesia meraih total, 25 emas, 33 perak dan 29 perunggu. Pelatih kepala tim renang, Akbar Nasution tidak menyangka jika anak asuhnya berhasil menyumbangkan medali terbanyak. 

"Kami surprise dengan hasil yang didapatkan oleh anak-anak. Target kami hanya 10 medali dari potensi 13. Ternyata kami meraih 20 medali emas. Yang diberikan anak-anak ini luar biasa," kata Akbar saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat 21 Juli 2017. 

Menurut Akbar, apa yang ditunjukkan anak asuhnya selama mengikuti ASEAN School Games luar biasa. Tidak hanya saat bertanding saja, namun juga di luar. 

Akbar menambahkan, untuk menjaga agar anak asuhnya tetap fokus di saat pertandingan, ia rutin melakukan pertemuan. Sebab usia mereka masih muda, sehingga diperlukan untuk menjaga emosi. 

"Intinya kami biasanya melakukan briefing. Itu akan membantu mereka untuk tetap fokus. Tapi kuncinya adalah dengan memberikan mereka kebebasan agar bisa belajar dari pengalaman, sehingga membuat mereka semakin dewasa," kata Akbar. 

"Saya rasa ini prestasi terbaik yang diberikan oleh atlet muda. Sekarang ini bagaimana caranya menjaga mereka untuk tetap menjadi atlet hingga dewasa. Jangan sampai sekarang ini misalnya ada 27, nanti pas dewasa hanya ada lima yang menjadi atlet.”