Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 27 Juli 2017 | 00:48 WIB
  • Asian Games 2018 Gelar 431 Nomor Event

  • Oleh
    • Zaky Al-Yamani,
    • Muhammad Nurhendra Saputra
Asian Games 2018 Gelar 431 Nomor Event
Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Persiapan Asian Games 2018

VIVA.co.id – Nomor event yang akan dipertandingkan dalam Asian Games 2018 akhirnya diputuskan oleh Dewan Olimpiade Asia (OCA). OCA dan Panitia Penyelanggara Asian Games 2018 (INASGOC) sepakat menggelar 426 nomor event. 

Ketua INASGOC, Erick Thohir mengatakan, jumlah tersebut sudah dikunci dan tidak bisa diubah lagi. Erick menyatakan, nantinya total event yang digelar adalah 431 dalam 39 nomor cabang olahraga, sebab ada lima tambahan event yang merupakan pilihan OCA.

"Jadi untuk 426 nomor event sudah pasti dari 39 cabor. Tapi nanti ada tambahan lima nomor event dari OCA, itu yang masih kita tunggu dari mereka. Kami harapkan lima nomor pertandingan yang jadi prerogratif OCA sudah tuntas sebelum rapat koordinasi komite (corcom 7)," kata Erick.

Sedangkan, Wakil Sekjen INASGOC, Harry Warganegara menyatakan, ia sudah mengirimkan penjelasan akan nomor event tersebut kepada National Olympic Council (NOC) negara-negara peserta pada 18-19 Juli lalu. Harry mengatakan, ini merupakan jalan tengah dari jumlah yang sebelumnya yaitu 480-an. 

"Karena ada pemotongan nomor pertandingan, maka jika ada cabor yang ingin memasukkan nomor pertandingan tambahan mereka kami persilakan cabornya untuk langsung melobi ke OCA. Agar nomor andalannya yang dinilai bisa menyumbang medali bisa dipertandingkan," kata Harry. 

Sementara itu, jumlah event yang diselenggarakan pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang jumlahnya lebih sedikit dari Asian Games di Korea 2014 lalu. Ketika itu Asian Games yang digelar di Incheon menggelar 439 event. Namun untuk jumlah cabor lebih banyak, jika di Incheon lalu 36, maka untuk di Indonesia sebanyak 39.