Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 7 Agustus 2017 | 08:11 WIB
  • Gowes di Bandar Lampung Diharapkan Jadi Agenda Rutin Tahunan

  • Oleh
    • Luzman Rifqi Karami
Gowes di Bandar Lampung Diharapkan Jadi Agenda Rutin Tahunan
Photo :
  • Istimewa
Gowes Pesona Nusantara di Bandar Lampung

VIVA.co.id – Gowes Pesona Nusantara 2017 edisi Bandar Lampung dipusatkan di tugu Adipura, Minggu, 6 Agustus 2017, berlangsung meriah. Sedikitnya 1.000 peserta berkumpul dengan sepedanya masing-masing mengambil start dan finis di tugu Adipura Bandar Lampung yang dilepas oleh Walikota Bandar Lampung, Herman HN. 

Perhelatan ini mendapatkan apresiasi dari Walikota Bandar Lampung sehingga memiliki harapan besar jika event Gowes Pesona Nusantara ini akan menjadi agenda tiap tahun menjelang Hari Olahraga Nasional (Haornas).

"Kami menyambut baik perhelatan ini guna menggairahkan minat masyarakat khususnya di Bandar Lampung untuk rutin berolahraga, bahkan sekaligus bisa menjadi sebuah rangkaian hari olahraga setiap tahunnya," ujar Walikota Herman dalam rilis yang diterima VIVA.co.id.

"Kami berterima kasih pada pihak Kemenpora untuk menyelenggarakan event ini. Di samping berolahraga juga mengajak masyarakat di luar Pulau Jawa untuk datang dan membelanjakan uangnya ke tanah Bandar Lampung," lanjutnya

Sementara itu, Arman, Kepala Bidang Olahraga Tradisional pada Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kemenpora menjelaskan, pihaknya menjadikan gerakan pemuda dan olahraga harus mampu masuk ke akar rumput. Sebab, pembibitan atlet saat ini diprioritaskan dari daerah-daerah, seperti cabor tinju dari Nusa Tenggara Timur, Bridge dari Manado.

Dalam Haornas yang rencananya akan dibuka resmi oleh Presiden Joko Widodo akan dipusatkan di Stadion Moch Soebroto Kota Magelang, Jateng, juga akan dibarengi dengan Pekan Gebyar Haornas, Seri Nasional Liga Sepakbola Berjenjang, Gowes Nusantara, serta Peresmian Monumen Tanah Air.

Seperti diketahui, Gowes Pesona Nusantara 2017 mulai berlangsung di empat titik terluar Indonesia sejak medio Mei lalu menyinggahi 90 Kabupaten/Kota. Dalam kegiatan ini selain mengkampanyekan Ayo Olahraga juga turut berperan dalam terus mempererat kesatuan dan persatuan pada bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Terkait hal tersebut, sebanyak 15 orang pesepeda yang tergabung dalam tim Gowes Touring Pesona Nusantara melakukan perjalanan menempuh jarak 5.000 Km dari titik 0 Km kota Sabang menuju Kota Magelang. Mereka akan mengambil dan membawa tanah dan air dari titik-titik daerah yang telah disepakati untuk dibawa ke Magelang bertepatan dengan Haornas yang jatuh pada tanggal 9 September mendatang.

Dari tanah dan air yang dikumpulkan dan dijadikan satu dari 90 titik tersebut akan  dijadikan monumen Tanah Air Nusantara di kawasan Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah. (one)