Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 9 Agustus 2017 | 12:58 WIB
  • Merantau ke Jepang, Modal Besar Skater Ini di SEA Games 2017

  • Oleh
    • Donny Adhiyasa
Merantau ke Jepang, Modal Besar Skater Ini di SEA Games 2017
Photo :
  • instagram.com/william_sutrisna
Atlet Ice Skating Indonesia pada SEA Games 2017, William Sutrisna

VIVA.co.id – Perjuangan atlet dalam bertarung merebut kesuksesan di arena laga terkadang memang tak semudah yang dibayangkan. Sejumlah rintangan dan tantangan seolah jadi keseharian yang harus dilalui.

Hal ini juga yang jadi cerita di balik perjalanan William Sutrisna dalam membela nama Indonesia di pentas ice skating internasional. Skater 24 tahun ini jadi atlet ice skating yang akan bertarung di ajang SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia.

Baca juga: Indonesia Gencarkan Persiapan Ice Skating ke SEA Games 2017

Namun, sebelum mampu menjajakan kiprahnya seperti sekarang, atlet 24 tahun ini rupanya harus meninggalkan Tanah Air untuk menetap di Jepang demi mempertajam ilmu dan kemampuannya.

Baca juga: Timnas Ice Skating Siap Beri Kejutan di SEA Games

"Sekitar 6 tahun yang lalu saya belajar ke Jepang, yang cabang ice skating-nya nomor satu di dunia. Selain latihan, saya melanjutkan kuliah di Tokyo University of Tecnology yang ternyata catatan score saya berhasil digunakan International Skating Union (ISU) untuk membawa Indonesia tampil di arena skating internasional pertama kalinya," ujar William yang ditemui pada pembukaan Skate Asia 2017 di BX Rink, Bintaro.

"Selama di sana saya sempat didampingi pelatih Jepang, Kanada dan Korea Selatan. Banyak menyerap ilmu soal sistem berlatih, teknik gerakan juga cukup diperdalam," ujarnya menambahkan.

Sejumlah agenda telah dilakoni cabang ice skating jelang SEA Games 2017, seperti ikut tampil dalam Asian Winter Games 2017 lalu dan menjadi member Federasi Internasional (ISU), Kejurnas pada bulan April lalu serta mendatangkan sejumlah pelatih asing berpengalaman. (mus)