Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 16 Agustus 2017 | 00:36 WIB
  • Ketum PB PBVSI Yakin Voli Sabet Emas di SEA Games

  • Oleh
    • Luzman Rifqi Karami,
    • Riki Ilham Rafles
Ketum PB PBVSI Yakin Voli Sabet Emas di SEA Games
Photo :
  • Istimewa
Ketum PB PBVSI, Imam Sudjarwo

VIVA.co.id – Ketua Umum PP PBVSI, Imam Sudjarwo optimis tim nasional bola voli putra dan putri Indonesia mampu mencapai target pada ajang SEA Games XXIX/2017 Kuala Lumpur, Malaysia, 19-30 Agustus mendatang.

Hal itu diungkapkan orang nomor satu di organisasi bola voli Indonesia itu, pada acara pelepasan timnas bola voli putra dan putri di Padepokan Voli Jenderal Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa 15 Agustus 2017.

Target yang dicanangkan tim putra di pesta olahraga multi even di Malaysia adalah medali emas. Sedangkan tim putri ditargetkan mampu meraih medali perak.

Optimisme yang disampaikan Imam itu setelah melihat hasil yang dicapai pada even internasional yang diikuti tim putra dan putri. Tim putra menempati peringkat keempat Kejuaraan Asia Senior ke-19 yang berlangsung di Gresik, Jawa Timur, 24 Juli hingga 1 Agustus lalu. Kejuaraan itu diikuti 16 negara di antaranya Jepang (juara), Kazakhstan, Korea Selatan, Iran, dan China.

Sementara tim putri mencapai hasil gemilang di turnamen bola voli Piala VTV yang berlangsung di Vietnam, 8-15 Juli lalu. Tim asuhan Risco Herlambang itu menjadi runner-up setelah kalah dari tim nasional mahasiswa Jepang di final. Di semifinal, Aprilia Manganang dan kawan-kawan mengalahkan tuan rumah Vietnam, yang juga disiapkan menghadapi SEA Games Malaysia.

"Dari hasil ujicoba itu, saya optimis mampu mencapai target yang kita canangkan. Putra medali emas putri perak, syukur-syukur bisa emas," kata Imam dalam sambutan pelepasan timnas itu dalam rilis yang diterima VIVA.co.id.

Dalam kesempatan itu pula, Imam meminta kepada para pemain agar jangan merasa besar kepala. "Hasil yang sudah dicapai sebelumnya jangan membuat kita lengah dan besar kepala. Dan, jangan pula terlalu percaya diri," ucapnya.

Di samping itu, Imam meminta kepada para pemain jika sudah tertinggal skor dari lawan, jangan patah semangat. "Justru semakin naik semangat juangnya untuk mengejar ketertinggalan angka dari lawan," tuturnya pula.

Lebih lanjut Imam menyampaikan kepada timnas putra dan putri agar bisa mengembalikan kejayaan Indonesia dengan tradisi emas di SEA Games seperti pada masa jayanya bola voli Indonesia.

Rombongan timnas bola voli dijadwalkan berangkat ke Kuala Lumpur pada 19 Agustus. Cabang bola voli akan berlangsung 21 hingga 27 Agustus.  Timnas putri akan menghadapi Thailand 23 Agustus mendatang. Indonesia berada satu grup dengan Thailand dan Myanmar di Grup A. Sedang di Grup B terdiri dari tuan rumah Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Di bagian putra, Agung Seganti dan kawan-kawan akan mengawali laga melawan Timor Leste, 21 Agustus 2017. Timnas putra berada satu grup dengan Timor Leste, Filipina dan Vietnam di Grup B. Sedangkan Grup A terdiri dari tuan rumah Malaysia, Thailand, dan Myanmar, serta Kamboja.