Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 20 Agustus 2017 | 00:13 WIB
  • Malaysia Resmi Minta Maaf Terkait Bendera Indonesia Terbalik

  • Oleh
    • Muchamad Syuhada
Malaysia Resmi Minta Maaf Terkait Bendera Indonesia Terbalik
Photo :
  • Istimewa
Bendera Merah Putih Indonesia terbalik di buku panduan SEA Games 2017

VIVA.co.id – Malaysia selaku tuan rumah SEA Games 2017 akhirnya meminta maaf kepada Indonesia terkait kesalahan di buku panduan multievent bangsa Asia tenggara itu. Diketahui dalam buku tersebut bendera Merah-Putih miliki Indonesia dicetak terbalik.

Hal itu kemudian memicu reaksi dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. Tengah hadir langsung dalam acara pembukaan SEA Games di Kuala Lumpur, dia mendesak adanya klarifikasi dari Malaysia.

Tak lama berselang, Malaysia pun langsung memberikan tanggapan. Mereka meminta maaf dan menjelaskan kalau kesalahan cetak itu bukan sebuah kesengajaan.

"Kami ingin memohon maaf kepada rakyat Indonesia atas kesilapan yang tidak disengajakan dalam mencetak bendera Indonesia dalam buku cenderamata tersebut," tulis pihak MASOC (Malaysia Organising Committe) dalam surat yang dikeluarkan Kementerian Olahraga Malaysia, Sabtu, 19 Agustus 2017, seperti dikutip situs resmi SEA Games 2017.

Selain meminta maaf melalui surat, Malaysia akan mengutus Menteri Olahraga mereka, bertemu dengan Menpora pada Minggu, 20 Agustus 2017 ini, guna menjelaskan duduk permasalahan.   

"MASOC dan Menteri Belia dan Sukan YB Brig Jen Khairy Jamaluddi akan membuat kunjungan hormat ke atas rekan sejawatnya, Imam Nahrawi pada hari esok untuk sekali lagi memohon maaf bagi pihak MASOC," sambung tulisan itu.