Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 20 Agustus 2017 | 14:58 WIB
  • Malaysia Bakal Tarik Buku Berisi Bendera Terbalik RI

  • Oleh
    • Luzman Rifqi Karami,
    • Satria Permana
Malaysia Bakal Tarik Buku Berisi Bendera Terbalik RI
Photo :
  • VIVA.co.id/Satria Permana
Menpora Indonesia, Imam Nahrawi bertemu Menpora Malaysia, Khairy Jamaluddin

VIVA.co.id – Pertemuan antara Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi dan Olahraga Republik Indonesia dengan Menpora Malaysia, Khairy Jamaluddin, sudah selesai. Keduanya bertemu dan bicara di hadapan media terkait insiden bendera terbalik dalam buku panduan SEA Games 2017, Malaysia.

Secara terbuka, Khairy minta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia. Dia mengaku hal tersebut sebagai kelalaian pihak penyelenggara dan bisa berimbas buruk terhadap hubungan bilateral Indonesia-Malaysia.

Akhirnya, Khairy pun memutuskan untuk memenuhi permintaan pemerintah Indonesia. Yaitu, menarik buku panduan SEA Games 2017 yang berisi bendera Indonesia yang terbalik dan menggantinya.

"Ini kesalahan yang besar yang bisa menyinggung Indonesia. Sebagai permintaan maaf, saya minta semua buku tak diedarkan. Kami sedang cetak baru lagi dan akan dikirim kembali ke tamu negara yang hadir," ujar Khairy kepada para pewarta di Hotel Shangri La, Bukit Bintang, Minggu 20 Agustus 2017.

"Permohonan maaf secara resmi dikeluarkan oleh Kerajaan Malaysia. Segera dikirimkan surat resmi kepada pemerintah Indonesia," lanjutnya.

Permintaan maaf ini sudah diterima oleh Imam. Dia juga minta seluruh pihak bisa bersikap arif dalam menyikapi kasus ini.

"Saya harap ini tak lagi terulang karena bendera negara adalah simbol. Maklumat dari pemerintah Malaysia akan disampaikan ke Presiden Joko Widodo," ujar Imam.