Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 24 Agustus 2017 | 04:56 WIB
  • 160 Atlet Nasional Ikuti Kejurnas Panjat Tebing di Sumbar 

  • Oleh
    • Zaky Al-Yamani,
    • Andri Mardiansyah (Padang)
160 Atlet Nasional Ikuti Kejurnas Panjat Tebing di Sumbar 
Photo :
  • VIVA.co.id / Andi Mardiansyah
Kejurnas Panjat Tebing di Sumbar

VIVA.co.id – Sebanyak 160 atlet dari berbagai Provinsi mengikuti Kejuaraan Nasional Panjat Tebing Kelompok Umur XII yang digelar Federasi Panjat Tebing Indonesia di Kota Sawahlunto, Sumatra Barat, Rabu 23 Agustus 2017. 

Kabis Kompetisi PP Federasi Panjat Tebing Indonesia, Rudy Fitriyanto mengatakan, seluruh atlet yang mengikuti kejurnas kelompok umur kali ini, berusia di rentang 10 hingga 19 tahun dan akan memperebutkan 26 medali emas.

"Ada sekitar 160 atlet yang akan memperebutkan 26 Medali Emas. Ini merupakan agenda rutin FPTI," kata Rudy.

26 nomor yang dipertandingkan tersebut lanjut Rudy, meliputi kategori Lead Junior Putra-Putri, Lead Youth A Putra-Putri, Lead Youth B Putra-Putri, Lead Youth C Putra-Putri, Lead Youth D. 

Ada pun untuk Speed yang dipertandingkan meliputi nomor Speed World Record Junior Putra-Putri, Speed World Record Youth A Putra-Putri, Speed World Record Youth B Putra-Putri, Speed Classic Youth C Putra-Putri, dan Speed Classic Youth D Putra-Putri.

Sedangkan untuk kategori Boulder yang akan dipertandingkan, meliputi nomor Boulder Junior Putra-Putri, Boulder Youth A Putra-Putri, Boulder Youth B Putra-Putri.

"Ini adalah kali kedua Provinsi Sumatra Barat menjadi tuan rumah. Dua puluh enam tahun lalu, tepatnya pada November 1991, Provinsi Sumatra Barat menjadi tuan rumah Kejurnas yang pertama. Hanya saja, saat itu belum ada sebutan Kelompok Umur. Kejurnas Kelompok Umur mulai diberlakukan pada tahun 2005 dan digelar di Bali," tambah Rudy.

Kejurnas Panjat Tebing Kelompok Umur kata Rudy, merupakan program FPTI untuk mengetahui sampai di mana perkembangan atlet di masing-masing daerah. Selain itu, Kejurnas juga menjadi alat ukur FPTI untuk menentukan peringkat nasional atlet yang akan menjadi acuan dalam seleksi di kejuaraan internasional. 

"Kita berharap pelaksanaan kejurnas kelompok umur di Sawahlunto ini berjalan dengan lancar," tutup Rudy.