Rahasia Melesatnya Prestasi Renang Indonesia

Perenang Siman Sudartawa Kembali Sumbang Medali untuk Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dhana Kencana

VIVA.co.id – Tim renang Indonesia mengalami peningkatan prestasi di SEA Games 2017. Setelah pada dua tahun sebelumnya meraih satu, kini ada empat keping medali emas yang berhasil mereka sabet.

Akuatik Indonesia Resmi Ganti Nama Jadi Federasi Akuatik Indonesia

Siman Sudartawa, Triady Fauzi Sidiq, Gagarin Nathaniel Yus, dan Indra Gunawan, adalah perenang yang berhasil menyumbangkan emas untuk Indonesia. Tentunya, hal tersebut menjadi peningkatan tajam bagi renang Indonesia.

Diungkapkan Siman, ada situasi yang membuat prestasi renang di SEA Games 2017 meningkat. Itu adalah fokusnya pembinaan di setiap nomor yang diikuti para perenang.

Millennium Aquatic Jakarta Juara 8 Kali Kejurnas IOAC 2023

Kehadiran pelatih asal Australia, Grant Stoelwinder, juga sangat berpengaruh. Grant mulai membagi tugas kepada para perenang untuk mengikuti nomor-nomor yang akan dihadapi.

"Tim pasti senang. Ada peningkatan. Dan kondisinya memang berbeda," ujar Siman kepada VIVA.co.id.

Indonesia Lolos Final Renang Estafet Campuran Asian Games 2023

"Jadi, saat ini sudah ada spesialisasi. Di mana, pelatih memfokuskan setiap atlet kepada nomor yang jadi andalannya, jarak dan sprint," lanjut dia.

Di SEA Games 2017, Siman sebenarnya hampir menyabet dua medali emas. Namun, pada nomor 100 meter gaya punggung, Siman kalah tipis dan harus puas meraih medali perak.

"Sebenarnya, ini personal best saya. Dan, bangga jadi orang Indonesia pertama yang mencatatkan waktu di bawah 55 detik," terang Siman. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya