Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 30 Agustus 2017 | 11:36 WIB
  • Balap Sepeda Indonesia Sumbang 11 Medali SEA Games

  • Oleh
    • Riki Ilham Rafles
Balap Sepeda Indonesia Sumbang 11 Medali SEA Games
Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Pertandingan balap sepeda di SEA Games 2017

VIVA.co.id – Kontingen cabang olahraga balap sepeda Indonesia di SEA Games 2017 Kuala Lumpur tampil gemilang. Total 11 medali yang mereka sumbangkan.

Rinciannya adalah dua medali emas, dua perak, dan tujuh perunggu. Nomor BMX putra, I Putra Bagus dan putri, Elga Kharisma menjadi yang paling gemilang.

(Baca juga: Klasemen Medali SEA Games 2017, Target Indonesia Meleset)

Raihan ini didapat tidak dengan perjuangan mudah. Sebab, mereka terbang ke Malaysia hanya bermodalkan peralatan seadanya.

Sepeda yang digunakan saat latihan menjadi andalan di lomba sebenarnya. Alasannya, sepeda yang dipesan dari luar negeri untuk SEA Games 2017 tidak bisa masuk ke Indonesia karena terhalang aturan bea cukai.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) Raja Sapta Oktohari mengaku beruntung memiliki atlet berbakat. Sehingga, bisa mendapatkan medali lebih banyak ketimbang negara lain yang fasilitasnya mumpuni.

"Jujur saja kita (PB ISSI) beruntung punya atlet yang luar biasa jadi bisa banyak dapat medali perunggu mengalahkan negara lain yang punya fasilitas dan program benar," ujarnya melalui pesan singkat kepada wartawan, Rabu, 30 Agustus 2017.

(Baca juga: Mendulang Medali SEA Games 2017 di Tengah Keterbatasan)

Andai saja sejak masa persiapan program yang diajukan PB ISSI bisa tereksekusi dengan baik, pria yang akrab disapa Okto yakin raihan bakal lebih positif. Dia pun berharap ke depan, pemerintah bisa membantu lebih.

Kontingen Indonesia yang berangkat ke SEA Games 2017 dibebani dengan target meraih sekurangnya 55 medali emas. Namun hingga kini baru 38 yang didapatkan. Target meleset membuat banyak pihak kecewa.

Tetapi ini menjadi konsekuensi logis dari minimnya dukungan pemerintah selama persiapan. Mulai dari uang saku hingga pengadaan peralatan latihan kerap molor, dan tak sedikit atlet yang mengeluhkan kondisi tersebut.

Total Perolehan Medali Cabor Balap Sepeda SEA Games 2017

2 medali emas: BMX Putri (Elga Kharisma)
- BMX Putra ( I Gusti Bagus S)

2 medali perak: Team Sprint Putri (Crismonita dan Santia Tri Kusuma)
- 500m Putri (Crismonita)

7 medali perunggu: Individual Road Race (Ayustina)
, Team Sprint Putra (Puguh, Nurfathoni, Reno Yudho)
, Sprint Putri (Uyun Muzizah), Omnium Putra (Nandra Eko), 500m Putri (Santia Tri Kusuma), Keirin Putra (Nurfathoni), Team Persuit Putra (Eko Bayu, Robin Manullang, Elan Riyadi, Abd Fatahillah)

Catatan pemecahan rekor:

3 Rekor SEA Games:
1000m Putra, 500m Putri, Individual Persuit Putra

8 Rekor Nasional: 1000m Putra, 500m putri, Team Persuit Putra, Individual Persuit Putra, Sprint Putra, Sprint Putri, Team Sprint Putra, Team Sprint Putri