Kepercayaan Diri Berlebih RI Jadi Bumerang di SEA Games 2017

Pelari Singapura Soh Rui Yong (kiri) dan pelari Indonesia Agus Prayogo (kanan) berfoto bersama usai menyentuh garis finish marathon SEA Games 2017 di Precint 3 Putrajaya, Malaysia, 19 Agustus 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dhana Kencana

VIVA.co.id – Atletik menjadi salah satu cabang olahraga yang diunggulkan bisa mendulang medali di SEA Games 2017. Maria Londa, Agus Prayogo, dan sejumlah atlet lain, diharapkan bisa mempersembahkan medali emas untuk Indonesia.

Sport Centre Sumut Target Rampung Juli 2024, Ini Pesan Menko PMK

Tapi, kenyataan bicara sebaliknya. Para unggulan Indonesia justru performanya tak sesuai harapan.

Mereka gagal meraih emas. Beberapa atlet Indonesia yang tak diunggulkan malah memberikan prestasi bagus.

4 Fakta Kelvin Kiptum Pemenang London Marathon Meninggal Dunia karena Kecelekaan

Rapat evaluasi SEA Games 2017 yang digelar di kantor Kemenpora, siang tadi, menyajikan sejumlah fakta menarik. Salah satunya adalah penyebab teknis mengapa target atletik bisa gagal di SEA Games.

"Kondisi yang dialami oleh atletik adalah di mana wakil andalan marathon, Agus Prayogo, hanya mendapatkan perak. Singapura yang justru secara mengejutkan meraih emas. Kelemahan kami adalah membaca kekuatan lawan, terlalu percaya diri dengan kondisi sendiri," kata Wakil Ketua Komite Olahraga Indonesia, Muddai Madang, Senin 4 September 2017.

Profil Kelvin Kiptum, Pelari Marathon Pemegang Rekor Dunia yang Meninggal di Usia 24 Tahun

"Lalu, Maria Londa juga di luar dugaan. Lompatannya cuma 6,4 meter. Kenapa bisa begitu? Diandalkan, performa justru menurun," lanjut dia.

Susunan lomba juga menjadi alasan lain mengapa atlet Indonesia gagal bersaing di cabor atletik. Biasanya, marathon atau lari jarak jauh lainnya akan dilaksanakan di akhir SEA Games.

Namun, pada perhelatan SEA Games 2017, justru marathon jadi yang pertama. "Ini kan tak ada aturannya. Tapi, membuat kondisi atlet kurang maksimal karena harus berlaga di luar kebiasaannya," terang Muddai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya