Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 5 September 2017 | 22:49 WIB
  • Rhino Cross Triathlon 2017 Siap Digelar di Tanjung Lesung

  • Oleh
    • Radhitya Andriansyah,
    • Pratama Yudha
Rhino Cross Triathlon 2017 Siap Digelar di Tanjung Lesung
Photo :
  • VIVA.co.id/Pratama Yudha
Launching event Festival Pesona Tanjung Lesung 2017

VIVA.co.id – Kerja sama Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Provinsi Banten melahirkan program Festival Pesona Tanjung Lesung 2017. Bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Menteri Parisiwata, Arief Yahya, beserta Gubernur Banten, Wahidin Halim, secara resmi meluncurkan program Festival Pesona Tanjung Lesung 2017, Selasa 5 September 2017 WIB.

Festival Pesona Tanjung Lesung akan menitikberatkan pada wisata bahari. Maka itu, diputuskan bahwa event ini akan dimeriahkan event olahraga bertajuk Rhino Cross Triathlon.

Event ini menjadi sejarah tersendiri. Sebab, Rhino Cross Triathlon merupakan ajang Cross Triathlon pertama di Indonesia yang menggabungkan tiga olahraga secara langsung, yakni berenang, lari, dan bersepeda gunung. Bedanya dengan triathlon biasanya adalah lokasi yang berada di alam bebas, bukan di perkotaan.

"Provinsi Banten itu unggul dengan pariwisata baharinya. Maka itu yang paling dekat adalah adventure dan sport. Dari lima event yang ada di Festival Pesona Tanjung Lesung ini, empat di antaranya merupakan adventure sport, sedangkan satunya kebudayaan. Jadi kita harapkan bisa mengangkat wisata bahari di sana," ujar Arief Yahya kepada wartawan.

"Kita memulai dengan sesuatu yang sudah populer dan yang paling populer adalah triathlon. Kita sudah melakukan ini berkali-kali dan berhasil. Maka itu, saya berharap triathlon didahulukan," katanya.

Bersamaan dengan Rhino Cross Triathlon, Festival Pesona Tanjung Lesung juga akan mengadakan Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XCM), Sunset Trail Run, dan Internasional Bebegig. 

Rencananya event ini akan digelar pada 22-24 September 2017. Dan Gubernur Banten, Wahidin Halim, sudah menjamin daerahnya telah siap menggelar semua event ini.

"Pembangunan infrastruktur untuk mendukung Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung sudah menjadi prioritas untuk memudahkan wisatawan berkunjung ke sana," ucap Wahidin.

Sejauh ini, sudah cukup banyak peserta dari lokal dan mancanegara yang mendaftar menjadi peserta. Nantinya, para peserta akan memperebutkan hadiah ratusan juta rupiah. Tapi, sebelum itu mereka harus bisa melewati tantangan berenang 1000 m, mountain bike sepanjang 20 km, dan trail run 10 km di kategori panjang.

"Target peserta kami masih 100 orang. Kita juga tidak muluk-muluk di event pertama," ujar Event Director Rhino X-Tri, Tense Manalu. (one)