Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 14 September 2017 | 22:45 WIB
  • Upaya Mengembangkan Petanque di Indonesia

  • Oleh
    • Riki Ilham Rafles
Upaya Mengembangkan Petanque di Indonesia
Photo :
  • Dok. PB FOPI
Kursus pelatih dan wasit petanque

VIVA.co.id – Pengurus Besar Federasi Olahraga Petanque Indonesia (PB FOPI) sedang berupaya serius membangun fondasi. Mereka langsung bergerak meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan mengadakan pembinaan untuk wasit dan pelatih.

Sebanyak 19 peserta dari Pengurus Provinsi (Pengprov) FOPI yang sudah dilantik. Cabang olahraga petanque rencananya akan dipertandingkan pada Pekan Olahraga Provinsi Aceh dan Bali.

Untuk Porprov di Aceh, pelatih senior di FOPI, Ramdan Pelana menjadi technical delegate. Kegiatan ini difokuskan di Lapangan Petanque Kampus Unsyiah Darussalam dan diikuti 18 daerah.

"Kegiatan di Aceh diramaikan total 165 orang yang 125 di antaranya adalah atlet. Sejauh ini berjalan lancar," ujar Ramdan.

Sedangkan untuk di Aceh, nantinya akan langsung ditangani Ketua Umum FOPI, Caca Isa Saleh.

Porprov Bali XIII pada 12-17 September di Gianyar dengan diikuti 9 kabupaten/kota. Dikatakan Caca, setelah ini disambung Kejurnas di Bali pada 26-30 September. Selanjutnya Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) pada 14-22 Oktober mendatang.

"Bulan ini kami juga kirim dua tim eks pelatnas ke single event pada waktu yang sama di Kuala Lumpur dan Vietnam pada 16-17 September," katanya.

Ajang seperti ini diperbanyak karena selain mencetak atlet profesional di masa depan, juga cara yang manjur untuk mengenalkan petanque ke masyarakat luas. Mengingat dari 34 provinsi di Indonesia, baru 19 pengprov dan empat pengprov yang menyusul dilantik ikut andil dalam mengembangkan olahraga bola besi ini. (ase)