Upaya Mengembangkan Petanque di Indonesia

Kursus pelatih dan wasit petanque
Sumber :
  • Dok. PB FOPI

VIVA.co.id – Pengurus Besar Federasi Olahraga Petanque Indonesia (PB FOPI) sedang berupaya serius membangun fondasi. Mereka langsung bergerak meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan mengadakan pembinaan untuk wasit dan pelatih.

Petanque Sumut Bidik 2 Emas di PON 2024

Sebanyak 19 peserta dari Pengurus Provinsi (Pengprov) FOPI yang sudah dilantik. Cabang olahraga petanque rencananya akan dipertandingkan pada Pekan Olahraga Provinsi Aceh dan Bali.

Untuk Porprov di Aceh, pelatih senior di FOPI, Ramdan Pelana menjadi technical delegate. Kegiatan ini difokuskan di Lapangan Petanque Kampus Unsyiah Darussalam dan diikuti 18 daerah.

Hajar Arema FC, Modal PSS Sleman Selamat dari Degradasi

"Kegiatan di Aceh diramaikan total 165 orang yang 125 di antaranya adalah atlet. Sejauh ini berjalan lancar," ujar Ramdan.

Sedangkan untuk di Aceh, nantinya akan langsung ditangani Ketua Umum FOPI, Caca Isa Saleh.

Wow! Siomay Indonesia Dinobatkan Jadi Dumpling Terenak Pertama di Dunia

Porprov Bali XIII pada 12-17 September di Gianyar dengan diikuti 9 kabupaten/kota. Dikatakan Caca, setelah ini disambung Kejurnas di Bali pada 26-30 September. Selanjutnya Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) pada 14-22 Oktober mendatang.

"Bulan ini kami juga kirim dua tim eks pelatnas ke single event pada waktu yang sama di Kuala Lumpur dan Vietnam pada 16-17 September," katanya.

Ajang seperti ini diperbanyak karena selain mencetak atlet profesional di masa depan, juga cara yang manjur untuk mengenalkan petanque ke masyarakat luas. Mengingat dari 34 provinsi di Indonesia, baru 19 pengprov dan empat pengprov yang menyusul dilantik ikut andil dalam mengembangkan olahraga bola besi ini. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya