Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 18 September 2017 | 00:21 WIB
  • Sempat Sakit, Perenang SEA Games Sumbang Emas di Popnas

  • Oleh
    • Zaky Al-Yamani,
    • Dwi Royanto (Semarang)
Sempat Sakit, Perenang SEA Games Sumbang Emas di Popnas
Photo :
  • VIVA.co.id / Dwi Royanto
Perenang asal DKI Jakarta, Felicia Angelica.

VIVA.co.id – Perenang asal DKI Jakarta, Felicia Angelica tetap tampil bagus di final Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV Jateng 2017. Perenang yang sempat berlaga di SEA Games Malaysia itu mampu menyumbang emas untuk daerahnya.

Rupanya torehan emas yang didapat Felicia harus diraih dengan susah payah. Ditemui VIVA.co.id, Felicia mengaku torehan waktu 1 menit 12,11 detik di nomor 100 meter gaya dada putri sebenarnya tidak sesuai ekspektasinya. 

"Iya dapat medali sih untuk DKI. Cuma enggak sesuai target sebenarnya. Karena best time aku saat SEA Games 1 menit 11,50 detik. Nah tadi sampainya 1 menit 12,11 detik. Jadi enggak masuk target, soalnya menurun," kata Felicia, Minggu, 17 September 2017.

Ia mengaku menurunnya performanya dibanding saat SEA Games Malaysia lalu lantaran dirinya sempat sakit sebelum berlaga. Hal itu membuat latihannya terganggu. 

"Kemarin aku sakit sebelum Popnas jadi beberapa hari enggak latihan, sekitar tiga harian. Jadi mungkin rada drop. Kondisi badan, termasuk obat flu bisa bikin lemah badan, " ujar gadis berkaca mata berusia 17 tahun itu.

Felicia juga cukup terkandala dengan kondisi kolam renang di GOR Jatidiri. Di mana cuaca panas serta ombak kolam renang juga cukup menyulitkan bagi para perenang. 

"Beda sekali ya karena panas juga bikin pusing. Lalu serta bloknya terlalu tinggi. Tapi saya tetap bangga bisa sumbang emas," katanya.

Popnas XIV Jateng 2017 menjadi laga terakhir baginya. Sebab dirinya kini telah duduk di kelas III SMA Sruni Donbosko Pondok Indah. Namun ia masih tertantang untuk mengambil nomor 400 meter gaya ganti serta turun di 50 meter dan 200 meter gaya dada. 

"Kalau bisa yang 400 bisa dapat perunggu. Karena musuhnya kan berat-berat, " ujar dia.

Terkait kegagalannya meraih medali di SEA Games lalu, Felicia mengaku masih optimis target itu akan diperbaiki pada SEA Games mendatang. Optimisme itu dibarengi dengan latihan keras bersama Almagari Challange Swim (ACS) Jakarta. 

Dara pasangan Weli Janta dan Yenny Arief itu menjadi atlet untuk DKI Jakarta sejak PON dan SEA Games beberapa tahun lalu. Felicia dan keluarganya sebenarnya tinggal di Surakarta, Jawa Tengah.

Dunia renang rupanya telah menjadi hoby Felicia sejak masih usia kanak-kanak. Bakat tersebut pun mendapatkan dukungan penuh dari kedua orangtuanya hingga ia masuk dalam club renang.

"Sejak kecil memang ikut lomba-lomba dan menang. Dari tingkat Surakarta, Jawa Tengah, akhirnya nasional. Juga internasional yang junior-junior," kata dia.