Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 27 September 2017 | 12:57 WIB
  • Ada 10 Cabang Olahraga Baru di Asian Games 2018

  • Oleh
    • Satria Permana,
    • Pratama Yudha
Ada 10 Cabang Olahraga Baru di Asian Games 2018
Photo :
  • Dokumentasi INASGOC
Sekretaris Jenderal INASGOC, Eris Herryanto

VIVA.co.id – Sebanyak 40 cabang olahraga sudah ditetapkan oleh Komite Olimpiade Asia (OCA) untuk dipertandingkan di Asian Games 2018, Jakarta-Palembang. Dari 40 cabor tersebut, 10 di antaranya baru dipertandingkan di Asian Games.

Mereka yang baru dipertandingkan adalah bridge, basket 3x3, jet ski, jiu-jitsu, pencak silat, sambo, kurash, paralayang/paragliding, panjat tebing, dan rollersport (skateboarding serta roller skate).

Dengan demikian ada 67 disiplin olahraga dan 462 event di Asian Games 2018 nanti. Keputusan ini ditetapkan dalam sidang eksekutif dan rapat umum OCA di Ashgabat, Turkmenistan, 20 September 2017 lalu.

"Kami telah memaparkan hasil kesiapan sebagai tuan rumah dalam sidang eksekutif dan rapat umum OCA di Ashgabat. Tanggapan OCA positif. Bagi kami, 40 cabor ini merupakan hasil dari keputusan bersama," kata Sekretaris Jenderal INASGOC, Eris Herryanto, di kantornya, kawasan Senayan, Jakarta, Rabu 27 September 2017.

Sebenarnya, di awal, Indonesia hanya mengajukan 39 cabor untuk dipertandingkan di Asian Games. Alasannya adalah efektivitas anggaran yang dilakukan oleh INASGOC.

Tapi, belakangan OCA menyatakan bahwa cabor rollersport, skateboarding dan rollerskate, akan mereka tanggung biaya penyelenggaraannya. Bukan cuma itu, OCA siap membiayai pembangunan venue cabor rollersport.

Ada alasan khusus mengapa OCA mau membiayai perhelatan rollersport di Asian Games. Itu dikarenakan adanya upaya dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk mendukung cabor generasi muda macam rollersport yang rencananya dipertandingkan pada Youth Olympic 2019, Buenos Aires, Argentina, serta Olimpiade 2020, Tokyo, Jepang.

"Tim INASGOC sudah menyampaikan concern utama saat sidang OCA Executive Board soal efektivitas biaya sehingga hanya mengajukan 39 cabang. Tapi, akhirnya OCA memiliki pertimbangan tersendiri dan memutuskan untuk menanggung seluruh biaya dari cabang rollersport," jelas Eris. (one)