Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 28 September 2017 | 04:48 WIB
  • INASGOC Cari Volunteer dengan Cara Jemput Bola

  • Oleh
    • Muhammad Nurhendra Saputra,
    • Pratama Yudha
INASGOC Cari Volunteer dengan Cara Jemput Bola
Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Pendaftaran Relawan Asian Games 2018

VIVA.co.id – Gelaran multi event sebesar Asian Games 2018 tentu membutuhkan tenaga sukarelawan atau volunteers dalam jumlah besar. Mereka nantinya diharapkan bisa membantu untuk menyukseskan acara ini dari awal hingga usai.

Tak tanggung-tanggung, jumlah tenaga yang dibutuhkan mencapai 15 ribu orang. Jumlah itu dibagi menjadi dua, sebanyak 2000 orang saat test event dan 13 ribu orang saat Asian Games berlangsung.

Cara mendaftarnya pun mudah. Calon pelamar tinggal mengunjungi situs resmi Asian Games: asiangames2018.id. Kemudian tinggal klik pada kanal 'be a volunteer'.

Tak hanya melalui cara tersebut, panitia Asian Games juga mencari volunteers dengan cara menjemput bola. Mereka mendatangi berbagai sekolah dan perguruan tinggi untuk mencari para sukarelawan.

"Kami akan mendatangi sekolah-sekolah internasional, perguruan tinggi di Jakarta dan sekolah kejuruan yang memiliki jurusan IT. Sebelumnya kita juga sudah datang ke Bandung," ujar Coordinator Human Resources and Volunteer Asian Games, Pusparini Hakim, kepada wartawan.

Selain itu, dia juga menjelaskan hingga hari ini jumlah pelamar sudah mencapai 12.900 orang. Yang paling banyak berada di usia 19-21.

"Jumlah pelamarnya sudah mencapai 12.900 orang. Rinciannya 8.100 pelamar usia 17-23, 3.500 pelamar usia 23-30, 980 pelamar usia 30-40," jelasnya.

Nantinya setelah para volunteer diterima, mereka akan terlebih dulu diberikan pelatihan sebelum diterjunkan langsung. Pelatihan itu mencakup kepribadian, etiket, pengetahuan pariwisata, dan cara komunikasi.