Mantan Dokter: 10 Ribu Lebih Atlet China Pakai Doping

Ilustrasi doping
Sumber :
  • Bild

VIVA – Pernyataan mengejutkan diungkapkan mantan dokter China, Xue Yinxian. Dia mengatakan lebih dari 10.000 atlet menjalani program doping sistematis pada 1980an dan 90an.

Trik Atlet China Kelabui Tes Doping

Mantan dokter Olimpiade berusia 79 tahun yang saat ini sedang meminta suaka politik di Jerman itu, mengklaim praktik doping di China sudah dilakukan kepada atlet usia 11 tahun. Xue Yinxian mengklaim atlet China nyaris di seluruh cabang olahraga, seperti sepakbola, voli, basket, tenis meja, bulutangkis, atletik, renang, senam dan angkat besi, semuanya terlibat.

"Di tahun 1980-an dan 90-an, para atlet China di timnas menggunakan doping. Ada lebih dari 10.000 orang yang terlibat," kata Xue Yinxian dilansir Marca, Selasa 24 Oktober 2017.

Gunakan Obat Terlarang, Petenis Asal Inggris Dihukum 1 Tahun

"Para atlet yang memakai doping, mereka semua bisa tampil membela negaranya. Semua medali internasional (yang diraih atlet China pada waktu itu) harus segera dicabut," lanjutnya.

Meski demikian, karena undang-undang pembatasan yang telah lama berlalu, akan tidak memungkinkan untuk mencabut medali yang dimenangkan selama periode tersebut.

Banding Kasus Doping Enam Atlet PON Ditolak

Meski demikian, Badan Anti Doping Dunia (WADA) akan melakukan penyelidikan terkait tuduhan terkait praktek doping sistematis yang lontarkan Xue Yinxian. (one)

Dokter Junaidi, Direkrut Analisis Sampel LADI, memberi penjelasan di Flores.

Soal Bahaya Doping, Wilayah Indonesia Timur Masih Awam

LADI jadi bagian penting penanggulangan anti-doping di Indonesia

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2017