Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 19 November 2017 | 11:11 WIB
  • Rute Ekstrim Etape II Tour de Singkarak 2017

  • Oleh
    • Suryanta Bakti Susila,
    • Andri Mardiansyah (Padang)
Rute Ekstrim Etape II Tour de Singkarak 2017
Photo :
Tour de Singkarak 2016

VIVA – Ratusan pembalap dari 20 tim yang berasal dari 13 Negara, Minggu 19 November 2017, bakal menjajal dan menaklukkan rute etape II pada event Sport Tourism Tour De Singkarak 2017. Start pada pukul 10.00 WIB di Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan dan finish di kota Kota Sawahlunto, seluruh pembalap akan melewati berbagai rintangan di lintasan sepanjang 155.9 kilometer.

Di Etape I ini, seluruh pembalap akan melintasi sejumlah titik yakni, start Pantai Carocok Painan - Jalan Ilyas Yakub - Jalan Sutan Syahrir - Jalan M Hatta - Jalan Imam Bonjol - Rumah Dinas Bupati - Salido - Tarusan - Barung Barung Balantai - Bungus - Bukit Lampu - Bandar Buat - Taman Hutan Raya Bung Hatta - Air Sirah - Pertigaan Cupak - Koto Baru - Selayo - Perempatan Simpang Rumbio - Terminal Bareh Solok - Jalan Lubuk Sikarah - Batas Kota Sawahlunto - Simpang Muaro Kalaban - dan finis di Lapangan Segitiga Kota Sawahlunto.

Pada Etape II ini, sedikitnya terdapat tiga titik Sprint dan tiga titik King Of Mountain (KOM) atau dikenal dengan istilah Raja Tanjakan. Untuk titik Sprint I berada di Tarusan, Sprint II di Bandar Buat dan Sprint III di Selayo. Sementara untuk KOM I berada di Bungus, KOM II di Bukit Lamu dan KOM III di Air Sirah.

Rute pada Etape II ini merupakan salah satu rute extreme yang dimiliki Tour De Singkarak. Terutama saat masuk dikawasan Pendakian Sitinjau Lauik. Seluruh Pembalap bakal dihadapi dengan pendakian ekxtrem dan paling panjang dari seluruh rute pendakian yang ada pada etape lainnya. Pebalap yang tampil, tidak hanya akan menjadi yang tercepat dan finish terdepan, namun juga akan berlomba untuk menjaki raja tanjakan.

Selain menakluki rintangan yang bervariasi di sepanjang lintasan Etape II ini, seluruh pembalap juga bakal menikmati panorama yang ada seperti diantaranya suasana pantai Painan, Bungus, Panorama Sitinjau Lauik dan Kota Tambang Tua Sawahlunto.

Pada Etape I Sabtu kemarin, pembalap asal Jerman yang tergabung dalam tim Embrace The World Cycling atas nama Muller Robert, berhasil Finish terdepan dengan catatan waktu 2.32.48.

Disusul pada urutan kedua pebalap asal Thailand Continental Cycling Team dengan torehan waktu sama 2.32.48, dan diurutan ke Tiga, diraih oleh pebalap asal Indonesia, Hibatullah Jamal yang tergabung dalam KFC Cycling Team dengan torehan waktu 2.32.52

Sementara untuk Stage Classification diraih oleh Tabriz Shahrdary Team dengan total waktu 7.40.47, Thailand Continental Cycling Team dengan catatan waktu 7.42.24 dan Emmbrace The World Cycling dengan total torehan waktu 7.42.24 

Untuk tim terbaik dari Indonesia, KFC Cycling berada pada urutan pertama dengan catatan waktu 7.40.47, disusul oleh BRCC Banyuwangi dengan catatan waktu 7.44.24 dan PGN Road Cycling Team yang mencatat total waktu yang sama yakni 7.44.24.