Universitas Olahraga Sudah Hadir di Indonesia

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Donny Adhiyasa

VIVA – Indonesia kini memiliki sebuah universitas khusus untuk bidang olahraga. Universitas itu terletak di kompleks Jakabaring Sports Centre, Palembang, dan baru saja diresmikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga pada Selasa 21 November 2017.

Sudah Video Call, Penyerang Label Eropa Bakal Perkuat Timnas Indonesia?

Adalah Politeknik Olahraga Indonesia, universitas yang dikhususkan untuk pengembangan olahraga Tanah Air. 

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, menyatakan kehadiran POI sangat penting bagi Indonesia. Sebab, kehadiran POI bisa menjadi sebuah katalis dalam pengembangan olahraga di Indonesia.

Meski Sudah Malam, Maarten Paes Hadiri Rapat Kerja Komisi X DPR Pakai Baju Kerah Timnas Indonesia

"Olahraga itu sudah jadi industri, perlu adanya daya saing. Maka, diperlukan ilmu olahraga demi mencetak daya saing itu," terang Isnanta.

Hadirnya para akademisi olahraga, disebut Isnanta, akan menunjang perkembangan atlet nasional. Sebab, performa atlet di masa kini sangat dipengaruhi dengan perkembangan ilmu pengetahuan hingga teknologi.

37 Pemain Diaspora Dicoba untuk Timnas Indonesia U-16

"Jika teknik kuat, maka keilmuannya perlu dipertegas lagi. Menciptakan iklim industri olahraga jadi tantangan selanjutnya," kata Isnanta.

Di awal, POI akan menerima 90 mahasiswa. Nantinya, 90 mahasiswa tersebut disebar secara merata ke tiga bidang peminatan, manajemen industri olahraga, kepelatihan olahraga, dan analisis performa.

Bukan cuma itu, tahun pertama penerimaan, semua biaya kuliah ditanggung oleh Kemenpora dan mahasiswa diberikan uang saku. Angkata kedua dan ketiga, penerimaan mahasiswa baru tiap tahunnya ditanggung Kemenpora.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya